Wednesday, 30 May 2012

:) tapi :(

Minggu, 6 Mei 2012 mungkin adalah hari yang begitu embekas dalam hidup saya..

Saat itu saya sama si ayah lagi mau jalan2 liat2 view yang bagus utk prewed nanti.. Yippiii,,senangnyaaa waktu itu..
*Lokasi pertama yang kita datengin adalah dago pakar,,katanya c dago pakar suka dijaddiin lokasi foto prewed juga di Bandung..
Kita jalan-jalan ksan,, (padahal pngn masuk gua c) tp gajadi,,hehe..
Jalan-jalan ksana, tapi kata dya pemandangannya kurang asik, jadi kita mau cari tempat lain dulu
(sambil nanya-nanya ke temen tempat yg asik dimana lagi lewat BBMan)
*Lokasi yang kedua asalnya mau ke Pondok Hijau, tapi entah kenapa kita berbalik fikir gmna kalo ke Situ Lembang aja,, saya angguk2 aja..
Perjalanan yang lumayan jauh juga,,dengan jalan yang tidak mulus..
Akhirnya tibalah kita di Situ Lembang,, tadinya ga boleh masuk sama yang jaga,, tapi begitu ada banyak orang yang masuk,,kita diijinin deh..
Tapi, ga sampe Situ Lembangnya, kita malah belok ke kanan,,ke arah lain,, Penasaran ada apa disana,,karena rombongan orang bnyak td pada belok kesana..
Menyusuri jalan setapak,,sampe keseleo,, akhirnya sampai pad sebuah "curug"..
Wahh,,indah juga pemandangannya.. Saya foto2 disana..
Nih fotonya..





Indah,, sekaligus narsiz.. :D

Puas jalan2 disana akhirnya kita memutuskan utk pulang,, tapi pas mau pulang,, ga sengaja dompet saya jatoh k curug itu,, kebawa arus yang deras dan Tidak bisa diselamatkan,, Inalillahi wa innailai rojiuuun..
:'( :'( :'(
Nagislah saya seketika karna di dalam dompet itu ada ATM 2 biji, KTP, duit sama hp BB..
hiks hiks hikkkkkssss... Mana tuh Hp baru 2 minggu lg,,
Nyesel juga c kenaaapppp coba bisa kaya gini,, Menyesal tak pernah di awal, datangnya selalu belakangan..
Mungkin saya tidak jodoh sama BB yaaa,,mungkin saya jodohnya sama Tablet.. Amiiiiiiin...
Continue Reading...

Friday, 9 December 2011

Ga Boleh plin plan

Hari ini hari Jumat..

Ga kerasa minggu ini saya full ga k sekkolah.. dan full mengajar lembur di tempat lain..
Saya harus bisa memutuskan..
salah satu.. atau keduanya..
Bila keduanya saya pasti ga akan pernah fokus menjalani keuanya..

Mungkin ada yang merasa "terkorbankan" karena saya..
Mungkin ada yang merasa berat sebelah..
Tapi sungguh, saya ga bermaksud seperti itu..
Saya hanya berusaha total dengan semuanya, meskipun saya tahu itu ga bisa..
Dua duanya nyaman..
Dua duanya tisak ada masalah..

Jika saya akhirnya harus memilih salah satu..
Saya hanya bisa minta maaf atas semuanya..
Atas semua kesalahan saya..
Atas semua keplin-planan saya..

Terimakasih semuanya..
Terimakasih..
Akan saya kenang untuk selamanya..

:-)

091211..... 09.31 pm
Continue Reading...

Wednesday, 21 September 2011

Lika Liku Hari Ini

Huaah,,cape banget hari ini..
muter muter...
Jadwal hari ini saya hanya ke sekolah saja.
Tidak ada jadwal masuk kelas sebenarnya..
Tidak ada juga jadwal ke tempal bimbel..
Saya hanya di sekolah saja, menyeleseikan semua administrasi BK dan selalu mengecek kehadiran siswa.
Hari ini saya memang ada rencana untuk "Home Visit" ke salah satu murid.
Tapi, waw, ternyata tidak begitu juga. Ada beberapa orang yang harus saya home visit juga karena sudah beberapa hari tidak masuk sekolah.
Ternyata, lumayan padat juga jadwal hari ini, meskipun tanpa pergi ke bimbel.

Oke, lets do it.
Ya, saya terus mengontrol siswa saya, mengontrol kehadiran dan sikap mereka. Ya Allah, mudah-mudahan saya bisa bekerja dengan optimal.
Rencana sih mengerjakan administrasi saja, tetapi ternyata banyak juga siswa yang perlu penanganan hari ini. Rencana saya untuk mewawancarai beberapa siswa kelas XII pun urung terjadi karena waktunya sangat mepet.
Ok, saaya mau home visit ke rumah siswa mulai dari jam 12 atau jam 1an saya pikir.
Waw, saya kira saya hanya mau home visit ke rumah 1 siswa saja, tapi ternyata TIDAK. Saya akan home visit ke 3 orang siswa. 3 rumah yang berbeda dan alamat yang berbeda pula.. *alias rumah ketiganya jauh-jauh, beda jalur.
Kalo saya mulai jam 1an, mungkin jam 3 atau maksimal jam 4 saya sudah selesei, saya pikir.

Teeenggg,, jam 1 sudah tiba..
Lets do it Ega,, Semangat..http://www.smileycodes.info
* Sasaran pertama..jam satu.. saya harus ke rumah murid saya, sebut saja namanya AA, rumahnya di daerah cisirung palasari. Sebenarnya pastinya saya tidak tau, tapi ok lah,,bisa tanya2.. Setelah muter2 di daerah itu,,tanya2 ada mungkin 5 kali,, ga nemu nemu jugaaa.. :(
Masih belum nyerah, saya terus cari2 alamat dia,, tapi,, ga juga nemu,, sampe mungkin 45 menit saya muter2,, ga ketemu ketemu juga,, #ya sudah, saya menyerah..

* Lajut ke tempat yang kedua, saya pergi ke tempat murid saya yang kedua, berinisial DS.. Rumahnya ya lumayan jauh juga dari tempat murid saya yang pertama, mungkin sekitar 3-4 km.
Mencari alamat DS tidak sesulit mencari alamat AA, saya langsung bisa ketemu dengan rumahnya dengan hanya 2 kali bertanya kepada orang di pinggir jalan. 
Saya tiba disana kira-kira jam 2 siang. Disambut oleh ibu DS, kemudian kami ngobrol-ngobrol sambil membahas masalah DS yang tidak sekolah tanpa keterangan sudah hampir 2 minggu. Sedang bercengkrama, tiba-tiba bapak dari DS datang dan kami berbincang bertiga sembari menunggu DS yang belum pulang entah kemana. Lama juga saya ngobrol dengan orangtua DS sampai kira hampir 1 jam kita berbincang, sampai akhirnya DS pun pulang ke rumah.
"Dan sesungguhnya saya agak kecewa atas keputusan DS dan keluarga yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari sekolah karena DS sudah malas sekolah dan ingin bekerja, juga masalah ekonomi". Padahal kalo saya liat rumahnya,,hmm.. not bad.. bagus, kursinya bagus, pake keramik. Ah entahlah, mungkin ini yang diinginkan oleh DS. Yah, meskipun saya kecewa, tapi mungkin INILAH YANG TERBAIK.

* Sudah jam 3an, saya melanjutkan perjalanan kembali ke rumah siswa yang ketiga, lumayan jauh juga dari rumah DS. Siswa saya yang ketiga berinisial RMR.
Waduh, hari sudah mendung dan agak sedikit gerimis, inginnya terus melagkah pulang, tetapi tugas negara harus diseleseikan. Semangat.
Dan sialnya lagi, saya kesasar cukup jauh, #damn.. dan itu menyita waktu sangat.. :(
Sampe-sampe saya nyasar ke sawah, motor saya ga bisa dimundurin.. #dengan wajah gatau malu saya minta bantuan orang.. *memalukan*
Tapi, syukurlah akhirnya saya bisa tiba juga di rumah RMR, disana ada ibu RMR dan RMRnya kebetulan sedang ada di rumah.
Saya berbincang-bincang juga dengan ibu RMR dan RMRnya sendiri.
Kasusnya agak sama seperti DS, tidak masuk sekolah tanpa keterangan sudah hampir 2 minggu, namun bedanya RMR kelihatannya masih mau dan masih mempunyai motivasi untuk kembali bersekolah.
Saya pun sangat melihat ekspresi dan terlihat sangat bimbang. Di satu sisi, dia ingin bersekolah, di sisi lain rasa ketakutan-ketakutan dan Malunya menutupinya untuk kembali ke sekolah.
C'mon Boy, kembali ke sekolah.. I Hope.. very very hope ur back..#Pray dengan sangat http://www.smileycodes.info
Ga kerasa waktu udah nunjukkin jam setengah lima, udah sore banget. Dan saya pamit dari rumah RMR, dengan terus berharap RMR akan kembali sekolah lagi.

Hari masih mendung dan ternyata waktu di jalan hujan semkin lama semakin gede aja. KEHUJANAAAAANNNN..
#Damn
Sampe-sampe di rumah sekitar jam setengah 6an..
Cape,,muter2,,pake acara nyasar ke sawah segala..

* Tapi ada kepuasan tersendiri dalam hati saya bila siswa tersebut mau kembali ke sekolah, saya mempunya kepuasan hati kalau sudah home visit dan memberkan perhatian saya kepada mereka, meskipun tidak banyak, Bukan bayaran uang yang saya mau, meskipun sangat cape dan melelahkan. Tapi ini satu cara saya untuk memberikan perhatian dan semangat kepada murid-muridku.. Ada kepuasan juga ketika saya berhasil menemukan alamat siswa yang "cenderung rumit". -_-" Seperti ada kesusksesan dalam diri saya gitu deh,,hehe..meskipun saya cape..


Maaf bila saya selama ini kurang optimal dalam waktu saya, tapi selama saya mampu, dan selama saya ada waktu, saya pasti selalu menyempatkan waktu yang saya punya dengan optimal.
Continue Reading...

Friday, 16 September 2011

Rasa Ini

Entah..
Saat ini saya merasa terombang ambing
Saya merasa tidak dianggap
Saya merasa tidak ada gunanya
Dan saya merasa ragu-ragu

Entah sejak kapan saya merasakan ini..
Entah sejak kapan saya merasa kecil dan tak berarti
Tapi, saya meyadarinya sekarang
Sekarang rasa itu tumbuh
Dan saya takut rasa itu terus berkembang
Berkembang semakin merekah dan semakin mekar

Saya tidak tahu sampai kapan saya bisa bertahan
Saya tidak tahu sampai kapan saya bisa menjalaninya
Saya yakin akan ada limitnya
Saya yakin saya akan berada pada titik jenuh
Dan sekarang panah itu sudah bergerak semakin cepat ke titik jenuh

Saya memag plinplan dan ragu-ragu
Itu bisa jadi boomerang bagi saya
Apakah saya harus bertahan?
Apakah saya harus mundur?
Apakah saya..
Terserah orang mau menilai saya seperti apa
Saya hanya manusia yang banyak kekurangan

Saya hanya mau bilang Maaf
Kepada semua orang yang mungkin saya sakiti
Tidak berkenan dengan perilaku saya
Mohon maaf..
Continue Reading...

Monday, 5 September 2011

4 hari 3 malam

4 hari 3 malam.. 
Waktu yg cukup untuk mngenal semuanya.. 
Kehidupannya,keluarganya dan segalanya.. 
Hmm.. Saya takut,saya tidak terbiasa,saya malu,saya tidak tau harus berbuat apa,
saya ah..entahlah..berbagai macam rasa ada di dalam sanubari..


Saya suka suasananya..
Saya suka kebersamaannya..
Saya suka hijaunya..


Entahlah kalau mereka..
Entah apa yang mereka fikirkan tentang saya..
Entah apa yang mereka rasa tentang saya..
Aneh, manja, jutek. belagu, atau malah sebaliknya..
Entahlah..
Hanya mereka yang tahu..


4 hari 3 malam..
Cukup bagi saya untuk mendengar semua cerita tentangnya..
Tentang keluarganya..
Tentang semuanya..

Kadang Tertawa sendiri, kadang terharu dan kadang terpikir..


Mungkin saya dan mereka memang berbeda..
Mungkin saya dan mereka memang belum mengenal dekat..
Tapi, mereka semua baik..
Mereka semua tulus..
Mereka semua..


Ya, saya senang berada disana..
Dengan semua keadaan, suasana, dan kesederhanaannya..
And..
I do.. LOVE You..


050911.....21.43
Continue Reading...

Thursday, 11 August 2011

Sebulan yang Lalu

Saya mau nulis postingan ini sebenernya dari satu bulan yang lalu..
tepatnya bula Juli tanggal sembilan tahun duaribu sebelas..

Why?

Saya suka angka sembilan, saya suka bulan Juli.. Karena hari itu adalah hari saya dilahirkan di dunia ini dan hari dimana saya mendapatkan pekerjaan setahun yang lalu..Ya, tanggal sembilan bulan tujuh..
Its my miracle..

Tahun ini, saya merasakan mracle tersebut..
http://www.smileycodes.info

Hari itu,,saya mendapat kebahagiaan yang luar biasa..
Dapet kado dari orang-orang tersayang saya..
Meskipun cuman kado kecil yang bagi sebagian oran biasa saja tapi bagi saya itu luar biasa..
* hanya sebungkus keripik pedas yag dihadiahkan oleh adik saya.. Hahahaha..
http://www.smileycodes.info
dia tau klo saya suka yg pedes2,,hahaha
* hanya sebuah kerudung polos berwana ungu tua dan sebuah tasbih yang dihadiahkan oleh mamah saya..
Mekipun kecil, tapi maknanya itu lho yang harus saya ingat.. Saya harus terus istiqomah, selalu ingat sholat dan selalu berdoa kepada Allah..
Makasih mah.. Love U..

Meskipun Si Kuya saat hari itu tidak bisa menemani saya di hari yang special.. :(
http://www.smileycodes.info
Dia lagi ada di kota kelahirannya Sukabumi.. hiks,,ga ditemeninn..
But, dia membuat saya tersenyum lebar saat itu.. Karena akhirnya Si Kuya dapet juga surat itu..
Setelah berkali kali kesana dengan penuh perjuagan.. #Lebay
Tapi emang bener sih.. Akhirnya SIM itu dapet juga..
Mungkin thats the most wonderful prize for me..
Horray..Horray..http://www.smileycodes.info
Aku bisa jalan-jalan bebas sekarang kemanapun sama Si Kuya.. Horray.. :D

* Saya pun mencoba membuat bisnis saya sendiri yang dikasih judul "KuraKura Aksesoris"..
Kalo mau tau sejarahnya kenapa dinamakan KuraKura. Sangat Filosofi bagi Kami.. KuraKura is the miracle for us.. "Kata kata sakti" yang jadi saksi kita awal bertemu..

Happy,, Happy.. Thanks GOD..
I know, always..
GOD bless me and all my family and him.. ;)
Continue Reading...

Sunday, 24 July 2011

Total Mind Learning

http://www.smileycodes.info


Sudah lama ni saya ga ngisi blog lagi...
Saya au nulis lagi ah,,kali ini tentang resume mengenau workshop Total Mind Learning yang saya ikutin. Workshop ini saya ikutin kemarin hari sabtu, tanggal 23 Juli 2011 di LPPM UPI Bandung,
Saya dateng sendiri sebagai perwakilan dari SMK Assalaam Bandung.


Nah, setelah saya menikuti workshop ini ada tugas deh buat saya..
bikin resume tentang pelatihan ini..
Oke lah kalo begitu..http://www.smileycodes.info


RESUME TOTAL MIND LEARNING WORKSHOP
Sabtu / 23 Juli 2011
LPPM UPI Bandung
Pembicara : P. Yovan P. Putra
* Pertama mungkin saya akan menulis mengenai apa itu Total Mind Learning
Dari workshop yang saya ikuti kmrn, saya menangkap bahwa TML atau Total Mind Larning itu mempunyai 3 arti, yaitu :
- Karakter seseorang yang dilandas oleh rasa ingin tahu atau SIKAP MENTAL yang harus dilandasi oleh RASA INGIN TAHU
- Sebuah metodologi yang didasarkan kepada beberapa kemungkinan bahwa segala perilaku adalah hasil daripada belajar dan mempunyai suatu struktur.
Sebuah teknologi yang mengorganisasikan informasi dan persepsi untuk mendapatkan prestasi belajar yang maksimal (diukur oleh alat ukur yang namanya SRT atau Self Regulation Training)
Itu yang saya tangkap,,bener ga yaaa..??hehe
Tapi, yang saya lat di brosurnya TML adalah suatu rangkaian program pelatihan yang ditujukan untuk mengembangkan potens individu semaksimal mungkin. Hal ini dicapai dengan memberdayakan seluruh pikiran (sadar dan bawah sadar).

* Core Skill TML
- Raport
- Goal Oriented
- Fleksibel
- Harmony

* Learning adalah Values x Ekspetancy
atau Learning adalah Kapasitas x Pemahaman

* Pikiran manusia dibagi menjadi dua,, Pikiran sadar dan ikiran bawah sadar.
Manusia lebih banyak mempunyai pikiran bawah sadar daripada pikiran sadar.

* Pemikiran Manusia dibagi menjadi dua, yaitu Short Term Memory dan Long Term Memory.
Short Term Memory adalah ingatan jangka pendek dan Long Term Memory adalah Ingatan jangka panjang.

* Tujuan dari TML
- Peningkatan Daya ingat (minimalnya 500%)
- Pengingkatan Konsentrasi
- Peningkatan Daa Membaca
- Peningkatan Daya Kreatifitas
- Peningkatan Hasrat Belajar
- Peningkatan Percaya Diri
- Kemampuan Menghancurkan berbagai kebiasaan buruk
- Kemampuan Menghancurkan berbagai Keyakinan Diri yang Mengekang Pencapaian
- Meningkatkan Produktivitas
- Peningkatan Kesadaran Spiritual
- Kepemilkan Sikap Mental mandiri dan enterpreuneurship
- Kepemilikan pola pikir global dan kesadaran sebagai warga dunia

* Ranah Kerja TML
TML bekerja pada sisi kognitif dan afektif sesorang, tidak menyentuh sisi psikomotornya

* Representasi Mental
Representasi Mental terjadi karena pengalaman. Pengalaman timbul melalui panca indera.
Representas mental dibagi menjadi dua. yaitu :
- Tingkat ! - Asosiate - Sebagai Orang Pertama - Hasilnya akan sangat paham
- Tingkat III - Disasosiate - Sebagai Orang Ketiga - Hasilnya akan kurang paham
* Mengingat Optimal
Agar kita dapat mengingat optimal, kita harus :
- Mempunyai R M (bukan Rumah Makan yah) tapi Representasi Mental.. :D
- Mempunyai Asosiasi
- Mempunyai Excitement
- Sistematis

Mungkin yang saya ingat dan paham mengenai TML baru segitu yaa,,karna kemaren workshopnya baru permukaan aja,, Pengennya sih lengkap.. :D, karena terus terang saya adalah seorang yang mempunyai penyakit pelupa akut,hehe.. :D
Mudah2n ada tindak lanjut berikutnya ya..
Sebenernya saya pengen tuh ikut pelatihannya untuk mengatasi penyakit pelupa akut,,hehe.. Tpi, harganya tidak bersahabat dan ga ada di Bandung.. :(
Pak Yovan, adakan tindak lanjut berikutnya yaa,, karena yang kemarin hanya permukaannya saja dari TML.. :)

Sekian Resumenya,, Semoga berkenan membaca..
Terimakasih.. :)
Continue Reading...

Sunday, 17 July 2011

Kontrak Belajar

Dalam kegiatan belajar mengajr bukan hanya kerja sama antara pendidik dan peserta didik saja yang menjadi poin penting. Sarana dan prasarana yang memadai dan mendukung pun ikut memberikan peranan dalam keberhasilan belajar siswa. Peraturan sekolah yang dibuat secara sepihak kadang-kadang menciptakan pemberontakan kecil pada diri siswa. Seandainya semua aturan sekolah berasal dari kesepakatan Guru dan Siswa mungkin saja akan ada cerita yang berbeda. Masing ingat dengan kontrak belajar?
Kontrak belajar ialah salah satu aturan yang diciptakan sendiri atas dasar kesepakatan. Tentunya antara pihak pendidik dan pihak yang dididik. Siswa dilibatkan langsung ketika proses pembuatan kontrak belajr berlangsung. Berikut contoh kontrak belajar yang saya buat dengan
siswa MAN 2 Madiun ketika berPPL. Kebetulan, kontrak belajar ini berlaku untuk mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Tetapi, dapat disesuaikan dengan setiap mapel karena pada dasarnya sama saja.
KONTRAK BELAJAR
MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
1. Siswa harus datang tepat waktu, dispensasi waktu hanya 15 menit.
2. Siswa yang datang lebih dari dispensasi waktu yang ditentukan, dapat mengikuti pelajaran dengan membawa ijin tertulis dari Wali Kelas dan Kepala Sekolah.
3. Siswa harus berseragam rapi dan sopan sesuai ketentuan umum dari sekolah.
4. Siswa harus bersikap sopan dan santun selama pembelajaran berlangsung.
5. Siswa dilarang mengaktifkan telepon genggam ketika pelajaran berlangsung.
6. Siswa dilarang makan dan minum diluar jam istirahat.
7. Siswa harus menggunakn bahasa Indonesia yang baik dan benar selama pembelajaran berlangsung.
8. Siswa harus mengerjakan semua tugas dari Guru yang berhubungan dengan pelajaran.
9. Siswa bersama dengan Guru menentukan hukuman bagi siswa yang melanggar kontrak belajar (
hukuman yang mendidik).
10. Siswa harus menaati dan melaksanakan kontrak belajar yang telah dibuat dan disepakati oleh Guru dan siswa.
Contoh kontrak belajar di atas, merupakan contoh kontrak belajar yang sederhana. Kontrak belajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan. Tentunya dengan bertolok ukur pada kesepakatan siswa dan Guru. Kontrak belajar di atas dapat dikembangkan dalam beberapa kategori. Misalnya, menyertakan kewajiban dan hak siswa, begitu pula dengan kewajiban dan hak Guru. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar akan lebih lancar,…semoga saja hehehehe ☺. Selamat mencoba ya Bapak dan Ibu Guru terhormat!
Saya mau mencobanya juga aaaahhh... :)
Continue Reading...

Wednesday, 6 July 2011

Tentang Bimbingan Karir

Masih wacana.. tp setidaknya benar.. bahwa nanti tahun ajaran baru saya akan menjasi guru BK kelas XII SMK.. Waduuuh,, saya belum pernah memberikan layanan pada kelas akhir SMK,dan itupun yang sedikit membuat saya bingung mengenai layanan bimbingan karir yang seperti apa yang cocok untuk diterapkan di SMK. Karena pastinya, bimbingan karir di SMA dan di SMK berbeda.. Akhirnya saya search dan googling mengenai bimbingan karier, dan saya mendapatkan artikel ini..   

BIMBINGAN KARIR SEBAGAI UPAYA MEMBANTU KESIAPAN SISWA DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA

Oleh: Yeni Karneli *)
A. Bimbingan Karir Salah Satu Faktor Yang Dapat Mempersiapkan Siswa Memasuki Dunia Kerja
Dalam pelayanan bimbingan dan konseling ada empat bidang pelayanan yang harus diberikan kepada siswa yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir. Bimbingan karir pada hakekatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.
Donald D. Super (1975) mengartikan bimbingan karir sebagai suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja. Menurut batasan ini, ada dua hal penting, pertama proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja. Oleh sebab itu yang penting dalam bimbingan karir adalah pemahaman dan peCareer guidance … encompasses all of the service that aim at helping pupils make occupational and educational plans and decisions nyesuaian diri baik terhadap dirinya maupun terhadap dunia kerja. Tolbert, (1975:27) memaparkan bahwa ““. Pengertian Tolbert ini mengandung makna bahwa bimbingan karir merupakan salah satu bentuk layanan dalam membantu siswa merencanakan karirnya.
Berdasarkan uraian terdahulu maka dapat dikatakan bahwa bimibingan karir merupakan suatu proses bantuan yang diberikan pada individu melalui berbagai cara dan bentuk layanan agar ia mampu merencanakan karirnya dengan mantap sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, pengetahuan dan kepribadian serta faktor-faktor yang mendukung kemajuan dirinya. Faktor-faktor yang mendukung perkembangan diri tersebut misalnya informasi karir yang diperoleh siswa dan status sosial ekonomi orang tua. Peters dan Shetzer (1974:267) mengemukakan bahwa tujuan bimbingan karir adalah membantu siswa dengan cara yang sistematis dan terlibat dalam perkembangan karir. Guru pembimbing hendaknya dapat membantu siswa merencanakan karirnya sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimilikinya. Moh. Surya (1988:14) menyatakan bahwa tujuan bimbingan karir adalah membantu individu memperoleh kompetensi yang diperlukan agar dapat menentukan perjalanan hidupnya dan mengembangkan karir kearah yang dipilihnya secara optimal.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, secara essensial bimbingan karir merupakan salah satu proses layanan yang bertujuan membantu siswa dalam proses pemahaman diri, pemahaman nilai-nilai, pengenalan lingkungan, hambatan dan cara mengatasinya serta perencanaan masa depan.
Masa depan harus direncanakan disongsong bukan di tunggu. Awal masa depan itu adalah “di sini dan sekarang”. Persiapan untuk menyongsong masa depan dilakukan melalui prosedur-prosedur tertentu baik melaui pendidikan informal, formal maupun non formal. Melalui pendidikan di sekolah siswa dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap- sikap tertentu. Bekal yang diperoleh siswa di sekolah bertujuan untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja.
Pacinski dan Hirsh (1971:8) menegaskan bahwa sekolah-sekolah mendapat kesempatan yang berharga melaui proses pendidikan untuk mempersipakn siswa memasuki dunia kerja. Salah satu bentuk layanan yang diberikan sekolah dalam upaya mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja adalah bimbingan karir di samping kegiatan kurikuler. Melalui bimbingan karir siswa akan memperoleh pemahaman yang lebih tepat tentang dirinya, pengenalan terhadap berbagai jenis sumber-sumber kehidupan serta penghargaan yang objektif dan sehat terhadap karir.
Untuk mengantar siswa ke gerbang masa depan (pendidikan dan pekerjaan) yang diharapkan, program bimbingan karir yang dicanangkan di sekolah merupakan wadah yang tepat untuk itu. Melalui kegiatan bimbingan karir, siswa dibekali dan dilatih dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan apa, mengapa dan bagaimana merencanakan masa depan. Artinya siswa mulai dari kelas satu sampai tamat SMK dilatih, dibimbing untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana merencanakan karir sepanjang hidup (career life span).
B. Informasi karir Salah Satu Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Siswa Memasuki Dunia kerja
Makna Informasi karir
Di dalam arus globalisasi yang memiliki diferensiasi sosial yang semakin
kompleks, khususnya siswa SMK akan dihadapkan pada berbagai macam kemungkinan pilihan hidup yang penting, seperti pilihan untuk melanjutkan studi, pilihan tentang dunia kerja, pilihan tentang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat, dan semua ini menuntut kemandirian dalam menjatuhkan pilihannya. Bagi siswa yang tidak dapat memahami potensi yang dimliki, di duga mereka juga tidak akan dapat menentukan berbagai macam pilihan karir, akhirnya akan mengalami masalah.
Permasalahan karir merupakan permasalahan masa depan siswa. Kegiatan masa sekarang akan mewarnai masa depan seseorang. Agar siswa SMK dapat menyiapkan masa depannya dengan baik, siswa harus dibekali dengan sejumlah informasi karir yang akan dipilihnya. Informasi yang cukup dan tepat tentang seseorang individu, merupakan aset bagi individu yang bersangkutan untuk memahami faktor-faktor yang ada pada dirinya, faktor kekuatan maupun faktor kelemahan-kelemahannya. Menurut John Hayes dan Barrie Hopson (1981:37) informasi karir adalah informasi yang mendukung perkembangan bidang pekerjaan, dan berdasarkan informasi itu memungkinkan seseorang mengadakan pengujian akan kesesuaian dengan konsep dirinya. Lebih lanjut dikatakan informasi karir tidak hanya sekedar merupakan objek faktual, tetapi sebagai kemampuan proses psikologis untuk mentransformasikan informasi itu dikaitkan dengan pilihan dan tujuan hidup masa depan.
Dewa Ketut Sukardi (1984:112) mengemukakan pada dasarnya informasi karir terdiri dari fakta-fakta mengenai pekerjaan, jabatan atau karir dan bertujuan untuk membantu individu memperoleh pandangan, pengertian dan pemahaman tentang dunia kerja dan aspek-aspek dunia kerja. Lebih lanjut dijelaskan bahwa informasi karir/jabatan meliputi fakta-fakta yang relevan dengan butir-butir berikut:
  1. Potensi pekerjaan termasuk luasnya, komposisinya, faktor-faktor geografis, jenis kelamin, tingkat usia, dan besarnya kelompok-kelompok industri.
  2. Struktur kerja dan besarnya kelompok-kelompok kerja
  3. Ruang lingkup dunia kerja meliputi; pemahaman lapangan kerja, perubahan populasi permintaan dari masyarakat umum yang membaik dan perubahan teknologi.
  4. Perundang-undangan peraturan atau perjanjian kerja.
  5. Sumber-sumber informasi dalam rangka mengadakan studi yang berkaitan dengan pekerjaan.
  6. Klasifikasi pekerjaan dan informasi pekerjaan.
  7. Pentingnya dan kritisnya pekerjaan.
  8. Tugas-tugas nyata dari pekerjaan dan hakekat dari pekerjaan.
  9. Kualifikasi yang memaksa untuk bekerja dalam bermacam-macam pekerjaan.
  10. Pemenuhan kebutuhan untuk bermacam-macam pekerjaan.
  11. Metode dalam memasuki pekerjaan dan meningkatkan prestasi kerja
  12. Pendapat dan bentuk-bentuk imbalan dari bermacam-macam pekerjaan
  13. Kondisi-kondisi kerja dalam berjenis-jenis pekerjaan
  14. Kriteria untuk penilaian terhadap materi informasi pekerjaan
  15. Ciri-ciri khas tempat kerja
*) Dra. Yeni Karneli, M.Pd., Kons : Dosen Jurusan BK FIP UNP
Continue Reading...

Monday, 4 July 2011

KuraKura Aksesoris

Continue Reading...
 

KuraKura_Cantik'z House Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon