Friday, 31 December 2010

Semuaaaa Tentang 2010

Ya ampun..
Ini bener tanggal 31 ya..??
Ya,, ini tanggal 31 dan ini adalah hari terakhir di 2010.

Inget-inget lagi ngapain aja yaaa waktu taun 2010..??

Hmm..Taun 2010 adalah taun ketika saya :

1. Taun baruan bareng sahabat-sahabat saya (dan dengan pacarnya masing-masing) juga dengan Si Kuya untuk yang pertama kalinya.. Di Purwakarta,,Seruuu...!!! dan diakhiri dengan jalan-jalan di Jakarta bersama mereka.
http://www.smileycodes.info

2. Tidak merayakan valentine's day.. Hey, kan 'haram', hehe.. Emang ga begitu penting juga c..hehe..

3. Bulan Februari dan Maret yang penuh dengan perjuangan, deraian air mata dan pengorbanan dan ingin rasanya teriaaak..http://www.emocutez.com Saat-saat penelitian dan berusaha sekuat tenaga untuk bisa selesai skripsi dan sidang.
Akhirnyaaaa....http://www.emocutez.com saya bisa juga menyelesaikan skripsi dan sidang. Setidaknya sudah 'sedikit' membahagiakan orang tua saya.

4. Finally, akhirnya saya wisuda juga bulan April. Alhamdulillah, sedikit lega. Dengan didampingi orang tua dan Si Kuya saya resmi dianggap bukan lagi warga UPI.

5. Saatnya mencari kerja, alhamdulillah saya dapet kerjaan di SD Nur Al-Rahman di Cimahi dengan sallary yang 'lumayan', meskipun hanya sebagai observer dan tidak berlangsung lama, hanya sampai 1,5 - 2 bulan aja sampe bulan Juni. Saya ingat, sampe dibagi rapot semester genap.

6. Tahun ajaran baru, saya mendapatkan kerjaan lagi, kali ini bukan di SD, tapi di SMA SMK Assalaam Bandung dan sampai sekarang saya masih bekerja disana.
Hey, tanggal pertama saya bekerja disana sama dengan tanggal dan bulan saya lahir. # Hari Berkah di Hari Spesial
Hmm, meskipun sallary tidak sebesar di SD, namun alhamdulillah, saya sudah merasa kerasan dan betah disana. Suasana kerja dan guru-gurunya asik diajak ngobrol.

7. Alhamdulillah, tawaran menjadi "wanita magrib" masih ada sama saya. Hehe, wanita magrib bukan negatif yaa. Memang saya bekerja magrib, tapi sebagai seseorang yang mencerdaskan anak bangsa a.k.a gruru private, hehe.. Hingga semester ganjil berakhir, saya masih punya murid untuk saya bimbing. Alhamdulillah.

8. Menjelang bulan November, ga kerasa bulan ini bulan yang penuh berkah. Bulan Anniversary saya, bulan ketika Si Kuya ulang tahun, dan bulan Si Kuya juga menyelesaikan skipsinya. Dan bulan ketika saya diberi kado cincin (meskipun bukan emas) darinya. Bikin saya http://www.emocutez.com (lagi).

9.Bulan terakhir tahun 2010,, bulan Desember, bulan ini tepatnya dan memang sekarang masih bulan Desember. Ada hal yang menyedihkan dan sekaligus menyenangkan.
Mencoba peruntungan mengikuti tes CPNS di kawasan Kab. Bandung dan ternyata saya belum beruntung. Hikz..http://www.emocutez.com
Tapi menjelang hari akhir bulan desember  (baru kemaren), saya senang karena Si Kuya akhirnya sidaaaang juga. Hore Hore.... Sidang dengan hasil "tanpa revisi" dan IPK yang lebih besar daripada saya..ah,,kalah.. #jingkrakjingkraksambiljogetjoget

http://www.smileycodes.info

10. Dan hari iniiii,,,horeee... Saya mau taun baruan lagi sama Si Kuya dan sahabat-sahabat saya lainnya..#jingkrakjingkraklagisambiljogetjoget
http://www.smileycodes.info

Alhamdulillah, ketika semuanya direnungkan, banyak hal yang perlu dan harus saya syukuri.
Wish me and us luck in 2011.



Welcome 2011. Here I Am..
Continue Reading...

Thursday, 30 December 2010

Wacana Sistem Poin Season 2

Nanggepin lagi tulisan "Wacana Sistem Poin" yang sebelumnya yaaa...
mud lagi bagus buat nulis, jarang-jarang saya dapet mud yang bagus kaya gini, haha..

Bahas lagi yuu..
Tadi sampe saya diminta klepala sekolah untuk membuat suatu konsep rancangan mengenai sistem poin yang akan diterapkan di SMA SMK nantinya.
Mumpung ada waktu nih, lagi piket, saya bisa buka internet dan browsing dan seaching about sistem poin yang diterapkan di sekolah-sekolah.
Hmm,, banyak juga ya yang bilang kalo sistem poin itu efektif diterapkan di sekolah-sekolah.
Biasanya, kalau poin udah nyampe 100 atau 200, siswa akan dikeluarkan atau di DO dari sekolah. Hayo hayo..kira-kira jera ga ya anak-anak diterapkan sistem poin gini..?? Hmm.. *mikir*
Saya dapet informasi nih tentang beberapa pelanggaran dan besarnya poin yang diberikan.

ini contohnya yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kotabaru. Jenis-jenis pelanggaran dan poin-poinnya.

----Berkaitan dengan kegiatan belajar dan kehadiran----
* Keluar / berkeliaran dari lokasi sekolah pada saat jam belajar tanpa ijin dari guru piket / Kepala Sekolah 15
* Keluar / masuk lewat jendela, naik pagar, dan lainnya yang bukan tempatnya untuk keluar / masuk. 25

* Keluar / masuk lokasi sekolah melalui pintu lain selain pintu utama (pintu depan) 20
* Telambat masuk sekolah / kelas lebih dari 10 menit. 10
* Berkeliaran atau duduk di luar/ di sekitar kelas pada saat berlangsungnya jam pelajaran. 10
* Berada atau menggangggu kelas / sekolah lain pada waktu jam pelajaran. 35
* Berada di kantin / warung (makan-minum) pada sat jam pelajaran 20
* Membawa barang elektronik, majalah, buku, atau bacaan lain yang tidak relevan dengan pelajaran. 20
* Membawa HP /Telepon Genggam (dengan ketentuan akan di sita) 50
* Belum terlaksananya kebersihan kelas oleh petugas kebersihan pada saat KBM akan berlangsung 20
* Alpa selama 1 (satu) hari 5
* Izin lebih dari 2 (dua) hari kecuali ada persetujuan dari guru / wali kelas. 5
* Sakit lebih dari 3 (tiga) hari kecuali ada surat keterangan dari dokter. 5

----Berkaitan dengan aspek Kepribadian----
* Siswa Puteri memakai make up / perhiasan secara berlebihan. 15
* Siswa Putera memakai gelang, kalung, dan anting-anting. 15
* Siswa Putera memiliki rambut hingga menutupi telinga, mata dan leher baju serta dicat (jelly) 15
* Siswa putera / puteri mencat (mewarnai) rambut (sanksi : dipotong) 15
* Siswa putera menindik telinga (lebih dari satu), hidung, dan lidah. 20
* Siswa putera / puteri berkuku panjang 15
* Siswa puteri memakai rok/kemeja tidak sesuai dg ukuran dan model yg ditentukan sekolah, khusus bagi puteri yang memakai jilbab, kerudung untuk hari Senin s/d kamis berwarna putih, hari jum'at dan sabtu warna cokelat. (Pelanggaran akan ditindak dg digunting (rok pinggul). 15
* Siswa putera memakai celana/kemeja tidak sesuai dg ketentuan (sanksi di gunting) 15
* Merusak / menghilangkan barang milik sekolah, guru teman dengan sengaja. 25
* Membawa narkoba dan miras, menghirup kastrol ke/di sekolah 100
* Mngedarkan, mengkonsumsi miras, narkoba, dan sejenisnya. 150
* Menentang / melawan Kepala Sekolah, guru, atau personil sekolah dengan senjata tajam (sejenisnya) 125
* Melakukan penganiayaan / pembunuhan 150
* Mencuri, berjudi, dan tindak kriminal lainnya baik di sekolah maupun di luar sekolah 150
* Membawa/main domino dan sejenisnya di dalam atau di sekitar sekolah 40
* Membentuk kelompok dengan tujuan negatif 50
* Membawa atau merokok di lingkungan sekolah / di luar sekolah sepanjang menggunakan pakaian seragam. 25
* Kaos kaki, ikat pinggang tidak berlogo Sekolah (SMAN 1 Kotabaru) 15
* Memakai sepatu hitam tidak bertali dan bahan dari kulit (dan sintetis) (sanksi : di sita) 10
* Tidak memakai perlengkapan saat upacara 15
* Meminta uang dengan paksa (memeras) baik terhadap siswa maupun orang lain 75
* Membuat keributan baik dalam kelas maupun di luar kelas 10
* Berduaan (dg lawan jenis) pada tempat tertentu / tersembunyi, tidak patut menurut etika. 75
* Membawa, memutar / menonton VCD porno, di lingkungan sekolah dan luar sekolah. 100
* Menghina / memfitnah atau perbuatan lainnya yang merugikan orang lain 15
* Memarkir kendaraan (roda 2 atau 4) di luar parkir sekolah 15
* Berkeliaran di tempat parkir baik saat jam belajar maupun saat istirahat (ada gelagat mencurigakan) 10
* Membentuk organisasi selain OSIS atau lainnya tanpa se-ijin Kepala Sekolah 50
* Menulis, mencoret dinding atau kursi dan meja milik sekolah 50
* Siswa putera dan puteri berboncengan dengan cara berpegangan sepanjang memakai seragam sekolah 25
* Memakai topi selain topi sekolah 10

Eh, dapet lagi nih yang di SMK Negeri 2 Bojonegoro..
Kalo yang di sekolah ini,,liat deh..

Jenis-jenis Pelanggaran beserta poin-poinnya di SMK Negeri 2 Bojonegoro

# Membuat keributan dalam kelas pada saat berlangsungnya pelajaran 2
# Masuk lingkungan sekolah dengan loncat pagar 15
# Keluar dari lingkungan sekolah dengan loncat pagar 30
# Mengotori benda milik sekolah, guru, karyawan atau teman 20
# Merusak / menghilangkan barang milik sekolah, guru, karyawan atau teman 20
# Mengambil barang milik sekolah, guru, karyawan atau teman 50
# Makan dan minum didalam kelas saat berlangsungnya pelajaran 10
# Membuang sampah tidak pada tempatnya 2
# Membawa benda yang tidak ada kaitannya dengan proses belajar mengajar 5
# Bertengkar dengan teman di lingkungan sekolah 30
# Berkata kasar saat proses belajar mengajar 2
# Membawa rokok 20
# Merokok disekolah 30
# Membawa buku, majalah, gambar atau video porno 30
# Memperjualbelikan dan menyebarluaskan buku, majalah, gambar atau video porno 30
# Membawa senjata tajam tanpa ijin 30
# Memperjualbelikan senjata tajam di sekolah 50
# Menggunakan senjata tajam untuk mengancam 50
# Menggunakan senjata tajam untuk melukai 50
# Membawa obat / minuman terlarang 40
# Menggunakan obat / minuman terlarang di dalam lingkungan sekolah 50
# Memperjualbelikan obat / minuman terlarang didalam / diluar sekolah 50
# Berkelahi di dalam lingkungan sekolah 30
# Berkelahi di luar lingkungan sekolah 30
# Perkelahiaan yang melibatkan pihak yang berwajib / kepolisian 50
# Melakukan tindakan perzinaan didalam atau diluar sekolah 100
# Pelecehan seksual 50
# Pemerkosaan 100
# Kehamilan 100

Hmm.. saya harus liat lagi nih,, dan merumuskan kembali dari apa yang udah saya baca.. Jenis-jenis pelanggaran dan berapa poin yang didapatkan siswa ketika melanggar aturasn tersebut..
Let's think egaaa...
kira-kira kalo diterapkan di SMA sini cocok ga ya..??
Belum tau cocok atau tidak kalo belum dicoba..bener ga bener gaaa...???
 
Sumber :
http://www.smkn2bojonegoro.com/component/content/article/39-smk/104-sistem-poin-pelanggaran-smk-negeri-2-bojonegoro
http://www.sman1kotabaru.sch.id/html/siswa.php?id=profil&kode=47&profil=Sistem%20Point
Continue Reading...

Wacana Sistem Poin

Ditulisnya hari Kamis, jam 09.10 di komputer ruang piket di sekolah tempat saya bekerja SMA SMK Assalaam Bandung. Kebetulan saya sedang mud menulis dan kebetulan juga blog ini sudah lama ga saya tulis sesuatu. Kangen juga nulis di blog.
Ketika sedang melaksanakan piket hari libur..
Saat itu pula, Si Kuya sedang sidang di UPI sana.
Maaf, saya melaksanakan tugas dulu ya, baru saya susul kesana,,hehe..Semangaat...!!!

Hwaa,, intermezonya terlalu panjang, siap-siap balik ke judulnya.
Ya, sistem poin..
Ada yang udah pernah denger ga apa itu sistem poin..??Sistem poin yang diberlakukan di suatu sekolah mengenai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan..Jadi, setiap siswa yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan poin. Poin-poin yang diberikan tergantung kepada berat tidaknya pelanggaran yang dilakukan. Ketika siswa sudah mendapatkan akumulasi 100 poin, maka siswa tersebut dikenakan sangsi yang superberat, yaitu di Drop Out (DO) dari sekolah.

Saya pernah tau sistem poin ini.
Hmm.. saya ingat-ingat dulu.. Dulu,, saya pernah mengalami sistem poin di sekolah saya yang dulu ketika SMP. Namun, penerapan sistem poin ini tidak berlangsung lama, hanya bertahan selama satu tahun dan tidak diberlakukan lagi pada tahun-tahun berikutnya.
Entah kenapa diberhentikan, saya juga kurang faham. Mungkin sistem ini tidak cocok diberlakukan di SMP saya dulu atau mungkin adanya kurang kerjasama antar semua elemen terkait.

Waktu kemarin hari Selasa tanggal 27 Desember 2010, di sekolah tempat saya bekerja sekarang mengadakan pelatihan IHT (In House Training). Pelatihan ini (yang saya tangkap ya) pelatihan untuk bagaimana membuat Perangkat Pembelajaran yang efektif dan efisien, termasuk bagaimana cara membuat silabus dan RPP yang sesuai dengan aturan Diknas dan dipersiapkan juga untuk bahan akreditasi nantinya, supaya sudah siap administrasinya. Gitu mungkin yah yang saya tangkap.. Tangkaaaapppp,,kaya bola aja,, hahaha...
Saya ikut pelatihan tersebut, tetapi saya hanya bisa mendengarkan dan menyimak saja apa yang disampaikan emateri, lumayan buat nambah-nambah ilmu. Sebenarnya, saya mah ga usah bikin silabus dan RPP sih,, makannya saya hanya bengong dan diam memperhatikan saja tetapi tidak membuat.

Hey, pasti pada bertanya ya kenapa saya tidak membuat silabus dan RPP padahal saya juga kan sebagai tenaga kependidikan di sekolah..??
Hehe,, ya saya tidak membuat silabus dan RPP soalnya jabatan saya disini adalah sebagai guru BK,, bahasa kerennya sebagai konselor sekolah.. hehe..
Kalo untuk Bimbingan dan KOnseling, memang tidak mengenal yang namanya RPP, tetapi istilah yang ada di kita yaitu SKLBK (Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling).

Nah, saat itu semua guru diwajibkan untuk membuat satu RPP yang berisi 1 KD (Kompetensi Dasar) dan langsung dikumpulkan. Ketika itu saya jadi bingung, "Trus, saya ngapain..??kan ga mungkin buat RPP". Saya tanya kepala sekolah, dan memang tidak usah, membuat Program Bimbingan dan SKLBK saja katanya, dan memang sudah saya buat sih kalo itu. Alhasil, saya diminta Kepala Sekolah, baik SMA maupun SMK untuk membuat suatu rancangan penggunaan sistem poin untuk mengatasi pelanggaran-pelanggaran siswa yang terjadi di sekolah.(Sebenernya ga nyambung juga c dari RPP ke sistem poin). :-D
"Tolong Bu Ega bikin konsepnya, nanti hasilnya kita diskusikan bersama para PKS", itu kalimat yang saya ingat terucap dari Kepala Sekolah SMA. Dan saya meng"iya"kannya, meskipun ada rasa ketakutan tidak bisa mengerjakannya, hehe..

Hmm, sepertinya ini udah kepanjangan ya ceritanya, padahal saya masih mau nulkis lagi.. (tumben.. lagi rajin). Segini dulu disini,,lanjut ke berikutnya..
Continue Reading...

Saturday, 18 December 2010

Lagu Syahdu dan Saya Rindu..

Hanya ingin menulis..

Syahdu wangi Bumi Siliwangi..
Utara Bandung Raya..
Tampak jelas bercemerlang UPI..
Universitas Pendidikan..
Rentang riwayatmu..
Beraneka warna..
Mentari menghias nusa..
Nusantara Bumi tercinta..


Tinggi mulia citra UPI kita..
Candra di muka jiwa..
Daya insan berilmu beriman..
Jadi warga wira utama..
Penc'rah masa depan..
Bangsa Indonesia..
Bimbingan Illahi serta..
Semoga damba kami nyata..


Dan saya rindu saat saat berada disana,,kuliah,,maen ke kosan,,jajan jajanan SD,,mengejar dosen,,merasakan indahnya mengerjakan skripsi,,(ya,,dan memang indah dan berseni),,sampai akhirnya masuk di sebuah gedung yang bernama Gymnasium sebagai pertanda lepasnya ikatan saya dengan sang kampus tercinta..

Continue Reading...

Monday, 8 November 2010

Counseling Skill (Keterampilan Konseling)

PsikologiPengertian Bimbingan Konseling
Manfaat Bimbingan Konseling
Prinsip-prinsip Bimbingan Konseling
Tujuan Bimbingan Konseling
Aspek-aspek Bimbingan Konseling
dan Keterampilan Konseling

Hey teman-teman,,masih ingatkan kalian sama hal-hal di atas...???

Serasa duduk di bangku kuliah kembali kalo inget kata-kata itu...hehe...
Tapi,,masih inget ga yah sama Mikro Konseling..
Wow,, mata kuliah yang mengharuskan kita praktek di lapangan dan membuat video...
Hey Meli Herawati, Fitriyah Nurdianah, Desi Widiarti, Siti Maesaroh, Suci Kartika Dewi.. Ingat ga jaman2 kita "syuting"..??? di tempat,,,hmm.....dimana ya..lupa lagi saya...Pokoknya di UPI,,di depan itu...
Hahaha..videonya kemana ya...???pengen dunk...lupa lagi entah dimana,,padahal waktu itu kita serasa jadi artis aja bergaya di depan kamera,,hehehe....

Padahal,, kenyataan di lapangan terkadang berbeda 180 derajat sama teori-teori yang kita dapet waktu kuliah dulu..

Kemarin,,ketika ada acara Workshop MGBK Kab. Bandung,, saya teringat kembali dengan apa yang namanya Keterampilan Konseling atau Counseling Skill,, dan yang menjadi pematerinya sudah barang tentu tidak asing lagi bagi mahasiswa yang kuliah di PPB,, dosen kita yang cantik,, Ibu Dr. Ipah Saripah, S.Pd, M.Pd.
Masih inget ga teman-teman seperjuanganku..??
Itu lho yang pas mata kuliah Mikro Teaching tea...
Tahapan-tahapan Konseling yang dilewati...hehe...
Lupa ya..

Yuk,,inget-inget lagi..
Itu loh,,yang namanya Attending,,Responding,,Personalizing,,and Initiating...
Inget kaaaaaannnn...

Yuk,,kita bahas lagi...

** Attending**
Attending dapat diartikan juga sebagai penghampiran konselor terhadap  konseli. Kegiatan attending juga biasanya dibarengi dengan involvement atau keterlibatan.
Melibatkan konseli, prakondisi konseling, kesiapan melayani dan mengkomunikasikan minat dan perhatian.
Langkah-langkah Attending :
1. Bahasa Verbal
# Mengucapkan/membalas salam
# Berjabat tangan
# Mempersilahkan duduk
# Menyebut nama
# Membuka pembicaraan
# Memberikan informasi tentang konseling tujuan, etika, tugas konselor, manfaat dan tugas konseli.
2. Bahasa Non verbal
# Cara dan jarak duduk
# Menghadap secara tepat
# Condong ke depan
# Kontak mata

Keterapilan dalam Attending :
1. Observing
# Memahami kondisi yang tidak disampaikan dengan kata-kata
# Penampilan fisik, gaya dan sikap, sikap badan, status sosial, jarak duduk
# Tingkatan Intelektualitas
# Tingkatan emosi
2. Mendengarkan
# Menghindari penilaian (non judgemental)
# Memusatkan perhatian kepada konseli
# Memusatkan pada isi ucapan (Siapa, apa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana)
# Memperhatikan ekspresi konseli
# Mendengarkan tema pembicaraan konseli

**Responding**
Keterampilan respoknding yaitu keterampilan konselor dalam merespons pernyataan konsli agar konseli dapat melakukan eksplorasi terhadap posisi dirinya dan hubungannya dengan lingkungannya.
Kondisi-kondisi pendukung responding :
# Emphaty (memahami yang dirasakan konseli)
# Respek (Menghargai)
# Tulus dan ikhlas berdasarkan persepsi yang jujur
# Konkrit (Berkaitan langsung dengan isi pembicaraan konseli)

Keterampilan dasar pendukung responding :
# Mengajak memulai pembicaraan ..
"Apa yang sedang kamu pikirkan?"................."Apa yang bisa ibu bantu?"
# Mengajukan pertanyaan terbuka..
"Bagaimana perasaan kamu setelah mendapat nilai yang tidak bagus?"
"Coba kamu jelaskan apa yang dimaksud dengan malas?"
"Apa yang kamu maksud dengan benci terhadap pelajaran Bhs. Inggris?"
# Memfokuskan masalah
"Tadi kamu katakan kesulitan dalam mata pelajaran Matematika. Dalam hal apa kesulitan itu dirasakan?"
# Dorongan minimal (Kata-kata atau gerakan yang menunjukkan konselor mengikuti prmbicaraan konseli..Hmm... Jadi,,, Lalu,, Kemudian..)
# Paraphrase (Mengulang untuk mendorong pembicaraan selanjutnya)
"kamu merasa selalu ketinggalan dari teman-teman"
# refleksi perasaan
"kamu merasa kecewa terhadap orang tua kamu"

MENDENGARKAN - MERESPON
# mengidentifikasi apa yang disampaikan : 5 W 1 H (What, Where, When, Who, Why, How)
# Menetapkan apa yang dieksplorasi lebih mendalam untuk membantu konseli memahami
# Memahami maksud dari pesan

JENIS-JENIS RESPONDING
# Merespon Isi, untuk memperjelas unsur pengalaman konseli yang penting
Contoh ; KRONOLOGIS : "Yang terjadi pada kamu adalah, pulang sekolah main dulu, datang ke rumah kesorean, kecapean dan tertidur".
Urutan Penting : "Kamu tidak punya catatan, tidak mengerjakan PR dan tidak bertanya kepada teman"
Sebab Akibat : "Kamu bolos karena tidak mengerjakan PR"
# Merespon Perasaan, dilakuka untuk mengecek perasaan konseli akibat pengalaman yang dialaminya yang dieskpresikan melalui pikiran, pengalaman dan mimik muka.
"Kamu merasa marah kepada teman kamu"
"Kamu kecewa karena tidak diajak"
# Merespons Makna, merupakan kombinasi respons isi dan perasaan yang mempunyai arti tertentu.
"Kamu kecewa karena teman kamu menjauh sehingga tidak berani ......."
"Kamu benci terhadap orang tua, karena tidak memenuhi keinginan kamu"

**Personalizing**
Mempersonalisasikan adalah menumbuhkan pada konseli segala peristiwa, pengalaman yang terjadi di luar dirinya menjadi sesuatu yang ada dalam dirinya. Dengan demikian diharapkan konseli memahami kedudukan dirinya dan kebutuhan yang ingin dicapainya.

JENIS-JENIS PERSONALISASI
# Mempersonalisasikan Tema Utama
Contoh :
++ Konseli : "Saya selalu kesiangan kuliah, karena kamar mandi di asrama terbatas sehingga antrunya lama, di jalan macet belum lagi angkotnya suka nunggu lama. Di kelas suka kecapean sehingga tidak mudah konsentrasi"
++ Konselor : "Anda suka kesiangan kuliah karena belum dapat mengatur kebutuhan waktu secara tepat agar tidak terburu-buru ke kelas"
++ Konseli : "Saya sering tidak mengerjakan tugas karena dosen tidak jelas menyampaikan kapan tugas dikumpulkan, sulit memperoleh bahan dan saya tidak punya waktu untuk bertanya kepada teman"
++ Konselor : "Anda kesulitan mengerjakan tugas karena tidak minta penjelasan kepada dosen, dan sulit bertanya kepada teman"
# Mempersonalisasikan Pengalaman
Contoh :
++ Konseli : "Saya tidak tahu kalau ucapan saya menyinggung perasaan dia, saya hanya ingin menanyakan tentang kesiapan dia untuk mengerjakan tugas kelompok"
++ Konselor : "Waktu itu anda agak ceroboh dalam berkata "atau" anda tidak memikirkan akibat dari perkataan anda".
# mempersonalisasikan Implikasi
Contoh :
++ Konseli : "Saya marah sekali pada mereka. Mula-mula mereka memberi saya kesempatan, tetapi kemudian mereka mencabutnya kembali"
++ Konselor : "Anda merasa geram karena anda merasa dikhianati"
# Mempersonalisasikan Masalah
mempersonalisasikan masalah adalah langkah untuk menuju tujuan, tindakan dan merencanakan program pelaksanaannya. konselor mendorong konseli untuk melihat dirinya sebagai "sumber" dari masalah. Setelah itu, kemudian mengkonseptualisasikan kekurangan-kekurangan, mengkondisikan kekurangan-kekurangan dan mengkondisikan kekurangan.
Contoh :
^^ Mengkonseptualisasikan kekurangan
++ Konseli : "Saya marah sekali pada orang tua saya"
++ Konselor : "Kamu merasa orangtua membedakan, karena kamu merasa tidak seperti kakak kamu"
^^ Menginternalisasikan kekurangan
++ Konseli : "(pernyataan sama)"
++ Konselor : "Kamu merasa tidak memiliki kemampuan yang membanggakan"
^^ Mengkonkretkan kekurangan
++ Konseli : "(pernyataan sama)"
++ Konselor : "Kamu merasa kurang mampu menunjukkan apa yang menjadi kelebihan kamu"
^^ mengkonfrontasikan kekurangan
Konfrontasi dilakukan manakala konselor melihat ketidaksesuaian pada konseli, antara lain :
- tingkah laku dengan yang dikatakan yang dikatakan dengan yang dirasakan atau ekspresi yang ditunjukkan.
- keadaan konseli sekarang dengan keinginannya yang dipikirkan dengan tindakan, dan kekuatan dan kelemahan.
++ Konseli : "Saya memang belum melakukan suatu rencana yang berarti. Saya ingin segera terbebas dari masalah ini, tetapi saya malas"
++ Konselor : "Anda tadi mengatakan menyesal karena kehilangan inisiatif anda, tetapi anda sepertinya tidak ingin melakukan apa-apa untuk itu"
# Mempersonalisasikan Tujuan
Mempersonalisasikan tujuan dapat dilakukan jika konselor telah mampu mempersonalisasikan masalah secar objektif. Yaitum dengan menentukan tingkah laku yang menjadi jawaban dari masalah yang dipersonalisasikan . Mempersonalisasikan tujuan dapat dilaksanakan dengan mengkonseptualisasikan hal-hal sebagai berikut :
^^ Mengkonseptualisasikan Aset
++ Konseli : "Betul, saya merasa saya juga memiliki kemampuan yang dapat dilihat orang, dan saya ingin menunjukkannya".
++ Konselor : "Kalau begitu, kamu merasa memiliki kemampuan dan ingin orang tua tahu.". nah, sekarang kelihatannya kamu menginginkan mampu menunjukkan kemampuan itu.
^^ Menginternalisasikan Aset
++ Konseli : "Nah, sekarang kelihatannya kamu menginginkan memiliki kekuatan untuk menunjukkan kelebihan kamu". Kamu benar-benar ingin mengetahui kekuranganmu dan berusaha untuk menghilangkan kekurangan itu.
^^ Mengkonkretkan Aset
++ Konseli :
++ Konselor : "Nah, sekarang kelihatannya anda menginginkan memiliki kekuatan untuk meraih perhatian orangtuamu, kamu benar-benar ingin mengetahui kekurangan kamu dan berusaha untuk menghilangkan kekurangan itu dengan mengembangkan rencana kegiatan agar mempunyai kemampuan tyang dapat menunjukkan kelebihanmu"

**Initiating**
Setelah konselor mengembangkan inisiatif konseli, selanjutnya konselor perlu memiliki keterampilan initiating meliputi keterampilan sebagai berikut.
# Menetapkan Tujuan
# Membantu mengembangkan program
# Merencanakan jadwal / kegiatan
# mengakhiri konseling

++ Konseli : .............
++ Konselor :
"Siapa saja menurut anda yang perlu terlibat dalam masalah ini?"
"Bagaimana masing-masing berbuat"
"Tindakan apa yang perlu dilakukan"
"Kondisi yang bagaimanakah agar tindakan itu dapat dilakukan"
"Bagaimana anda melihat kalau tindakan itu berhasil"

Sumber : Seminar dan Workshop MGBK SMA / SMK Kab. Bandung tanggal 2 November 2010
Pembicara : Dr. Ipah Saripah, S.Pd, M, Pd.
Continue Reading...

Tuesday, 5 October 2010

Efek Syndrom *Pelupa Akut*

Pagiii....
Sampai juga di hari selasa.. Hari dimana saya harus perhgi ke sekolah, setelah semalam menemani Si Kuya mengerjakan revisi skripshit,,hehe...
'Begadang jangan begadang,, kalau tiada artinya' Sepenggal kata-kata dari Bang Roma,, saya termasuk orang yang menyukai lagu-lagu beliau,,hehe.. :D..
Tapi karena begadang kali ini ada artinya dan ada perlunya,,berarti dibolehkan.. #alasan..

"Ah, nanti saja perginya jam 07.00 pagi,, kalau pergi jam segini,, (setengah tujuh) nanti telat ikut do'a pagi,, jadi mending dari rumah jam 07.00 aja, biar sekalian ga ikut do'a pagi,, lagian juga jam saya masuk kelas hari ini kan jam 08.20" pikir saya. Jadi, nyantei dulu sajaah...hehe..

Biasanya, pagi-pagi saya jarang sekali sarapan, tetapi hari ini tidak seperti biasanya,, saya sarapan nasi kuning dulu,, nyantei banget..
Jam dinding dan jam tangan saya sudah menunjukkan pukul 07.00, WIB tentunya.. saya pun berangkat ke sekolah menjadi insan yang mencerdaskan anak bangsa.. Yupz,, jaket, helm, sepatu sudah disiapkan semua..Let's go.. Berangkaaaat....!!!!

Dengan santainya saya melakukan perjalanan dari rumah saya ke sekolah, tentunya dengan motor mio papah saya (#bangga) dengan bebaaaaasss,,,, tanpa pikiran dan beban apa-apa.

Finally, sampai juga di sekolah,,  Seperti biasa, parkir dan turun dari motor "papah saya",,hehe..
Sejenak terdiam, dan saya baru menyadari efek yang ditimbulkan dari syndrom *pelupa akut* yang ternyata secara tidak sadar masih saya derita hingga saat ini..hikz..
Kedodolan tingkat tinggi yang 'terparah' mungkin terjadi hari ini..
"Saya ternyata tidak membawa tas"
Entah apa yang ada di pikiran saya saat itu,,bingung, aneh, ga percaya.. Karena saya benar-benar baru menyadarinya saat saya turun dari motor. Anehnya, ketika dalam perjalanan, saya tidak ingat ada sesuatu yang tertinggal atau ada sesuatu yang kurang.
Aneh.........Aneh apa dodol ya...??? :-?
Padahal sepatu, jaket, helm sudah saya persiapkan dengan baik dan matang,, Tapi tas yang 'sepenting' itu bisa saya lupakan...???#sial..

Bisa dibayangin kan gimana rasanya pergi "kerja" tanpa membawa tas yang pastinya di dalamnya berisi semuaaaaaaaa barang yang kita perlukan sehari-hari.
Damn, ingatan saya yang pertama langsung teringat "handphone",, thats my soul..
Huuufffttt... nyawa saya bagai hilang seketika.
Mungkin ada yang cemas, khawatir, ataupun marah. Entahlah!! Semua akan terjawab ketika sampai rumah nanti.

Hari ini saya masuk 3 kelas, SMK semua, untungnya semua perangkat pembelajaran ada di ruangan mungil saya,,hehe.. Kebetulan agenda hari ini adalah pengisian Kartu BK. OK,, ke kelas is no problemo..!!
Sampai siang tiba,,saya sudah selesei masuk kelas dan mengerjakan tugas saya sebagai guru BK.
Wah, waktunya makan siang dan saya lapar..#ga nyadar kalo tas ketinggalan.
Saya hendak membeli makanan a.k.a lontong kari di kantin, namun damn, saya lupa kalo tas saya lupa dibawa dari rumah. Ya sudah, beli makanan pun urung saya lakukan..

Jreeeng,,, saya kepikiran berbagai hal saat itu :
# Damn, saya lupa kalo saya lupa membawa tas (hal itu membuat saya kelaparan,,hikz..)
# Damn, tadi motor saya bensinnya 'sakaratul maut' (pasti habis dan harus didorong kalo tidak segera mengisi bensin)... and a think.. "Duit dari manaaaa cobaa...???" Tidak pantang menyerah, saya terus berusaha dengan cara "mengkodok-kodok"... Alhamdulillah, saya nemu juga uang lima ribuan dari saku jaket saya. Yang pasti buat beli bensin, bukan buat makan.. T_T
# Damn, ternyata sejak dari tadi saya tidak membawa perangkat wajib pengendara motor (SIM dan STNK). Untung saja, tidak sedang ada razia polisi hari ini.
# Damn, Saya tadi tidak membawa pulpen hitam yang selalu ada di dalam tas saya yang ketinggalan, yang ada hanya pulpen merah yang selalu ada di ruangan saya. Alhasil, pulpen pun saya harus pinjam. #mengenaskan dan memalukan
# Damn, saya pasti akan dimarahi papah saya yang sering mewanti-wanti saya untuk selalu membawa SIM dan STNK kemanapun perginya.
# Damn, dan mungkin saya akan ditertawakan atau dimarahi Si Kuya akibat kedodolan saya hari ini


"Sekilas mengenai syndrom *pelupa akut* yang ternyata masih belum mau pergi dari dalam diri saya"

Saya tidak tau apakah penyakit ini benar adanya, dan entah darimana sebab musabab terjadinya syndrom tersebut. Namun, memang 'lupa' itu sering terjadi pada diri saya.. #haduuuh,, capedeh..

Ketika SMA dulu, saya beberapa kali lupa membawa buku pelajaran yang sebenarnya harus saya bawa. Teman sebangku saya ketika kelas 3 SMA, Intan, sudah faham dengan hal tersebut (maklum, saya bukan satu kali saya lupa), jadi sudah tidak aneh bagi dia,,hehe..

Pun ketika kuliah, sahabat-sahabat saya sudah sangat memahami dan mungkin terlalu sering "memaklumi" *pelupa akut* saya.
"kalau tidak ada barang yang ketinggalan di kosan saya, bukan ega namanya", berikut komentar dari salah seorang sahabat saya, Mae. Yang ketika jaman kuliah dulu, sering sekali saya singgah di kosannya. Saking seringnya disinggahi, sering juga barang saya yang tertinggal disana.
Beberapa barang saya yang pernah ketinggalan disana :
* kaos kaki
* dompet
* HP
* sarung tangan motor
* Helm
* buku
* flashdisc
* bahkan sampai "alat kosmetik"
Itu yang saya ingat, mungkin ada beberapa barang lagi yang pernah tertinggal disana, tapi lagi-lagi saya lupa apaan,,hehe..#saking banyaknya mungkin.

Ketinggalan, kunci motor pun masih kadang saya alami.. (ga sering lhoo), kunci masih menempel di otor atau sejenisnya lah..#tragis,, untung motor saya tidak tercuri.

Pun saya tidak menyadari kalau syndrom *pelupa akut* masih betah berdiam dan bertapa dalam diri saya. Apeeeet pisan..!!

Dan kejadian hari ini adalah "kedodolan tingkat tinggi" yang saya alami akibat efek syndrom *pelupa akut*.

Sorry Myspace Comments
Hey,, jangan melakukan hal yang sama seperti saya yah...



Help Me untuk menyingkirkan syndrom itu dari dalam diri sayaaaaa.......#teriak sangat keras


Need Ur Help...!!!
Continue Reading...

Friday, 1 October 2010

Mengenai Modalitas atau Gaya Belajar

Untuk saya, kata 'gaya belajar' tidak asing lagi..
Ya, tentu saja,, karena ketika kuliah dulu *kesannya jaman dahulu kala,, padahal .......* saya sempat akrab dengan istilah ini..
Sebenarnya, gaya belajar uga merupakan modalitas kita dalam belajar..
Nah lho,, apa lagi modalitas belajar..???

Modalitas belajar atau gaya belajar sebenarnya sama saja.. Artinya adalah kecenderungan dominan gaya atau tipe belajar seseorang yang selaras dengan karakter otaknya.. Sama juga seperti modal yang dipunyai kita dalam belajar kan..??disesuaikan dengan karakter otak kita.

Umumnya, modalitas atau gaya belajar manusia dibedakan menjadi 3, yaitu:

# Visual
# Auditorial
# Kinestetik

Setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang dominan visual, dominan auditorial atau dominan kinestetik.
Mari kita bahas ciri-cirinya.

I remember what I see
# Visual
Jika kita mendengar apa itu visual..maka akan terbesit kata 'melihat'. Ya, orang -orang yang mempunyai kecenderungan gaya belajar visual lebih cepat menerima sesuatu hal melalui penglihatan..
Artinya, orang-orang yang mempunyai modalitas belajar visual paling efektif menerima informasi melalui indra penglihatan.
Apa yang mereka lihat, akan lebih mereka ingat, daripada apa yang mereka dengar.

Umumnya, ciri-ciri orang yang mempunyai modalitas belajar visual adalah :
  1. Rapi dan teratur
  2. Mementingkan penampilan (ingin sedap dipandang mata)
  3. Bicara agak cepat
  4. Tidak mudah terganggu oleh keributan
  5. Mencoret-coret tanpa arti saat sedang berbicara
  6. Menyukai sesuatu yang detil
  7. Relatif mudah mengingat apabila belajar dari buku, tulisan, atau modul
  8. Lebih menyukai seni lukis atau gambar daripada musik
  9. Umumnya mempunyai tulisan tangan yang bagus
  10. Sering menjawab pertanyaan dengan singkat, misalnya "ya" atau "tidak"
  11. Lebih suka kirim surat atau email atau sms daripada berbicara langsung

I remember what I hear
#Auditorial 
Kata 'audio' tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Dan setiap mendengar kata tersbut, hal yang pertama difikirkan pasti adalah suara.
Orang-orang yang mempunyai gaya belajar auditorial memang paling efektif menerima segala hal atau informasi melalui pendengaran.
Berarti, orang-orang yang mempunyai modalitas auditorial lebih senang mendengar sesuatu daripada melihat.
Apa yang mereka dengar, akan lebih diingat daripada apa yang mereka lihat.
Hehe,,kebalikan dari yang visual yah,, :D..soalnya orang-orang yang mempunyai modalitas auditorial lebih senang mengefektifkan 'telinga' daripada 'mata' mereka.. Hmmm...

Berikut adalah beberapa ciri umum orang-orang yang mempunyai modalitas belajar auditorial.
  1. Suka berbicara kepada diri sendiri ketika bekerja
  2. Mudah terganggu oleh keributan
  3. Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
  4. Menggerakan bibir dan mengucapkan tulisa yang mereka baca
  5. Senang membaca sesuatu dengan keras 
  6. Menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar
  7. Dapat mengulang dan menirukan kembali nada, suara dan irama
  8. Lebih menyukai gurauan daripada membaca komik
  9. Menyukai seni musik daripada seni lukis atau gambar 
  10. Biasanya seorang pembicara yang fasih
  11. Kurang suka tugas-tugas mengarang atau menulis 


    I remember what I do
    # Kinestetik
    Gaya belajar yang ketiga adalah gaya belajar kinestetik. 
    Apa yang dimaksud dengan gaya belajar kinestetik..??Apa bedanya dengan visual dan auditorial..?? "Gabungan dari keduanya ya bu..??" (pertanyaan yang sering diajukan siswa-siswa saya ketika saya sedang menjelaskan materi mengenai gaya belajar,,hehe...)
    Modalitas atau gaya belajar kinestetik adalah gaya atau kecenderungan seseorang lebih cepat menyerap informasi melalui bergerak, menyentuh dan melakukan. Orang-orang seperti ini cenderung mempunyai prinsip "Learning By Doing"..Wah,,kaya slogan salah satu Politeknik nih,,hehe...
    Artinya, orang-orang yang memiliki modalitas belajar kinestetik paling efektif menerima segala hal atau informasi melalu praktek.
    Umumnya, ciri-ciri orang-orang yang mempunyai modalitas belajar kinestetik adalah :
    1. Berbicara perlahan
    2. Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika sedang membaca
    3. Senang menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya
    4. Belajar dengan manipulasi dan praktek
    5. Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
    6. Umumnya tulisan mereka kurang bagus
    7. Menyukai permainan yang menyibukkan (menggerakan tubuh)
    8. Mempunyai koordinasi otot yang baik
    9. Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian
    10. Tidak bisa duduk diam dalam waktu lama
    11. Sulit mengingat pelajaran yang membutuhkan 'imajinasi', terutama geografi, kecuali dia pernah berada disana.
    Nah,,coba kita analisis diri kita sendiri,,, termasuk pada tipe gaya belajar manakah anda...???
    Sudah tau...???
    Trus kira-kira setelah kita mengetahui modalitas atau gaya belajar yang kita punyai..caranya untuk belajar lebih efektif bagaimana..?? Mungkin pertanyaan itu terlintas di benak kalian semua..
    Kalau mau belajar yang efektif,, belajarlah sesuai dengan modalitas yang kamu punyai..biar ga bosen,, dan ceper nempel materi pelajaran di otak..


    *Untuk kamu yang Visual 
    • Belajar dengan menggunakan materi-materi visual, seperti gambar, video, peta, dan diagram
    • Gunakan hilite yang terang (stabilo) untuk menandai hal-hal yang penting
    • Buatlah catatan dengan rapi dan sekreatif mungkin (supaya enak dilihat dan membacanya jadi asik)
    • Gunakan multimedia
    *Untuk kamu yang Auditori
    • Ajak teman-teman kamu untuk berdiskusi membicarakan suatu materi
    • Menghafal dengan mengeraskan suara yang kamu baca (biarin berisik juga,,hehe...)
    • Rekam materi-materi yang menurut kamu penting dalam kaset, di hp atau media elektronik lainnya, dan sempatkan mendengarkan rekaman tersebut sekali sehari (sebelum tidur juga bisa) aga materi tersebut cepat nempel di otak kamu
    *Untuk kamu yang Kinestetik
    • Jangan memaksakan diri untuk membaca atau belajar selama berjam-jjam (percuma,, tidak akan nempel). Selingi dengan sesuatu hal yang kamu sukai.
    • Belajar sambil mengekspolasi lingkungan (sambil bersepeda juga boleh),, nanti akan menemukan konsep-konsep baru.
    • Belajar sambil berjalan-jalan... its ok.. 
    • Biarkan belajar dengan mengunyah permen karet
    • Biarkan belajar sambil mendengarkan musik atau menonton TV (jika itu lebih efektif)
    Nah,, kalo kita sudah tau,,pasti bisa..Semua orang dapat belajar dengan efektif,,asalkan disesuaikan dengan modalitas belajar yang dia punyai..


    Tidak ada hal yang tidak kita bisa,, yang ada hanyalah belum mencobanya..

    Selamat mencoba... ^^.




    Continue Reading...

    Thursday, 30 September 2010

    Pembuatan Kartu Kuning

    Hari ini hari kamis..Meskipun kamis pada umumnya adalah hari-hari produktif dimana semua orang bekerja..
    Bagi saya,, hari kamis adalah hari libur buat saya.. tidak pergi ke sekolah..
    Horeee...
    Sejenak bisa istirahat dulu..

    Eh,, tapi saya masih harus ke suatu tempat hari ini,,mumpung libur..
    Saya berniat untuk membuat "kartu kuning"..
    Bukan kartu peringatan seperti dalam permainan olahraga,, tapi katanya sih kartu kuning itu kartu tanda bukti seseorang untuk mencari kerja (yang bukan pengangguran,, mungkin ga perlu bikin yaa)..
    Hehehe...

    Ok,, saya harus bangun agak pagi juga.. dan harus pergi ke Dinas Tenaga Kerja Kab. Bandung yang berada nun jauh di Soreang sana untuk mendapatkannya.. Padahal lebih dekat ke Martanegara c,, daripada ke Soreang.. Gpp lah,,itung2 jalan-jalan melihat delman.. :D

    Niat saya sih kesana ya kesana,, tinggal urus,, tapi apa aja syarat-syarat yang harus dibawa untuk mendapatkan kartu kuning itu ya..??
    Akhirnya sebelum pergi saya searching-searching dulu di internet,,siapa tau ada info mengenai persyaratan membuat kartu kuning *karena saya blank banget,, gatau syarat-syaratnya apa aja..

    Syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat "kartu kuning" yaitu :
    • Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir (1 buah)
    • Fotokopi KTP yang masih berlaku (1 buah)
    • Pas foto 3x4 (1 buah)
    Yah,, cuman ini doank ko persyaratannya..
    Untungnya saya sudah membuat KTP baru yang berlaku setelah 2 bulan baru menyadari kalo KTP saya sudah 'expired'..hehe..
    dan damn.. foto persediaan saya habis..dan tinta warna saya pun habis.. saya pun harus pergi ke tukang foto dulu untuk mencetak foto saya..

    Ok,, persyaratan sudah beres,, waktunya saya pergi ke disnaker kab. Bandung..
    Sebenarnya lokasi persisnya saya kurang tau,, hanya saja dengan PDnya saya hanya lurus saja melewati banjaran dan setelah itu nyampe di Soreang,, kemudian belok kanan lurus terus dan sampailah ke lokasi Gedung Pemerintah Kabupaten Bandung..di belakang Gedung DPRD Kab. Bandung.. Saya inget banget ketika saya bertanya kepada sang satpam dimana letak DISNAKER kab Bandungnya.. Beliau menjawab,, belok kiri,, belok kiri lagi,, lalu belok kanan..

    Langkah-langkah pembuatan kartu kuning gampang juga ternyata,, tinggal masuk ke ruangan pembuatan kartu kuning,, nanti disana ada petuganya,, tinggal kita serahkan persayaratan yang tadi (fotokopi KTP, fotokopi ijazah legalisir, dan foto,, lalu kemudian tinggal menunggu,, Kartu kuning pun sudah jadi deh..


    Ketika kartu tersebut sudah jadi,, saya sempet agak bingung karena petugasnya bilang mangga bade masihan sabaraha.. *itu buat saya bingung*,, kalo 500 bisa ga..??gkgkgk.. Abis kalo ga salah di pintu masuknya ditulis kalo pembuatan kartu kuningnya GRATIS ko..
    Ya sudah,, daripada bingung,, saya beri saja *RP 10.000*.. Itung-itung 'beramal' juga,,hehe...

    Ternyata,, tidak lama juga membuat kartu kuning.. hanya setengah jam saja sudah jadi kartunya.. Lebih sebentar juga dibandingkan lamanya perjalanan dari rumah saya kesana,, hehe... "Kartu kuning" yang ternyata bukan warna kuning yang saya dapat..Tapi katanya,, itu sama saja,, karena judulnya juga sudah KARTU TANDA BUKTI PENDAFTARAN PENCARI KERJA..
    Setelah itu,,saya fotokopi kartunya sebanyak 10 buah.. Kira-kira *Rp 3000* buat biaya fotokopinya..
    Biar ntar ga bulak balik lagi,, fotokopi aja 10..
    Lalu saya kembali lagi ke ruangan tersbut dan melegalisirnya.. *GRATIS*..
    Jadi deh... Kartu kuning yang warnanya tidak kuning sudah selesai dibuat..hehe..
    Agak aneh juga,, kenapa warnanyaa ga kuning ya,, gpp deh,, yang penting fungsinya sama,,sebagai KARTU TANDA BUKTI PENDAFTARAN PENCARI KERJA.. hehe...  : D


    Hayo hayo,, yang belum bikin, bikin dulu..hehehe...
    Continue Reading...

    Tuesday, 28 September 2010

    Ga Jelas

    Hari yang aneh..

    Hari ini bener-bener bad mud...
    Dengan alasan yang tidak jelas!!

    Bawaannya pengen pulaaang mulu pas ada di sekolah..

    What happen with me..??
    Mungkin karena "kelaperan" gitu ya..??
    Maklum karena ingin 'berpuasa' sunat, dan saya tidak saur dulu..
    Ga,,bukan itu alasannya mungkin..#yang gitu ko dijadiin alasan...

    Padahal di sekolah fine fine aja,, ga ada sesuatu hal yang bikin bt atau apapun..
    Mendadak saya menjadi orang yang pendiam dan terlihat banyak melamun di sekolah tadi.. padahal alasannya apa saya juga tidak jelas..
    Dan juga saya tidak sedang kedatangan tamu bulanan saat itu..

    Yang jelas very bad mud today..

    Hey,, apa kalian pernah ngerasain itu..?? ga jelas...!!Huuffft...

    May be i need some REFRESHING...???
    Ada yang mau ngajaaaaakkkkk....????


    Sorry Myspace Comments
    MyNiceProfile.com
    Continue Reading...

    Thursday, 23 September 2010

    Pilih Pilih Bank Syariah

    Masa sekarang ini siapa yang tidak tahu Bank,, dan siapa yang tidak pernah menyimpan uang di bank..
    Saya rasa semua orang mayoritas pernah menabung di Bank..
    Bank manakah yang kalian pilih..??
    Kalau saya sih lebih suka pilih Bank yang Syariah.. Entah kenapa..mungkin saya lebih sreg dengan manajemennya..dan saya ga suka kalo udah nabung lalu harus "dipotong" biaya administrasi setiap bulannya.. *bukan pelit*,, tetapi tujuan saya menabung adalah untuk menyimpan uang saya dengan aman.. Kalau uang tabungannya sangat besaaaaarrr,, mungkin tidak masalah bila menabung di bank konvensional yang mengharuskan para pemakainya untuk membayar biaya administrasi setiap bulan,, tapi bagaimana jika yang uang yang ditabungkan itu jumlahnya sedikit dan pas-pasan.. bisa-bisa saldonya habis karena membayar administrasi bulanan saja.. kalau sudah begini,, siapa yang rugi..?? Wong pengen nyimpen uang,, malah ludes uangnya..

    Bagaimana menurut kalian?
    Menurut saya, lebih aman dan lebih adil kalau menabung di Bank syariah..
    Kenapa..??
    Hal ini disebabkan karena prinsip-prinsip dasar yang berjalan di banl-bank syariah yang menjadikan sebuah perbedaan mendasar dengan Bank Konvensional banyak terletak pada pelayanan nasabah diantaranya :
    1. Prinsip keadilan, yakni imbalan atas dasar bagi hasil dan margin keuntungan ditetapkan atas kesepakatan bersama antara pihak bank dengan nasabah.
    2. Prinsip kesetaraan, yakni nasabah penyimpan dana, pengguna dana dan bank memiliki hak, kewajiban, beban terhadap resiko dan keuntungan yang berimbang, dan
    3. Prinsip ketentraman, bahwa produk bank syariah mengikuti prinsip dan kaidah muamalah Islam (bebas riba dan menerapkan zakat harta)

    Lebih jelas, lihat disini

    Saya sendiri lebih "sreg" dan lebih aman menabung di Bank Syariah..
    Sampai sekarang, saya menabung di 3 Bank Syariah, namun yang satu sudah saya tutup.. hehe..
    Bank yang saya pakai untuk menabung adalah Bank BMT Daarut Tauhid, Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah..

    Fasilittas yang diberikan setiap Bank juga berbeda-beda..
    Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang ada pada setiap bank.. (ada lebihnya,,namun ada pula kurangnya)

    #Bank BMT DT
    • Tidak ada administrasi bulanan
    • Mendapatkan bagi hasil setiap bulan tergantung jumlah saldo yang dimiliki
    • Biaya administrasi pertama (untuk pembuatan buku tabungan) Rp 5000 *kalau ga salah*..udah agak lupa,,soalnya rekeningnya udah saya tutup
    • Tapi,, tidak ada ATM
    • Transfer ke antar bank agak susah
    • Nabung harus di BMT langsung (karena hanya ada satu),, tidak ada cabang lain,, hanya ada di Gegerkalong, Bandung.
    • Tidak mempunyai fasilitas SMS banking ataupun Internet Banking
    #Bank BRI Syariah
    • Tidak ada administrasi bulanan
    • Mendapatkan bagi hasil setiap bulan tergantung jumlah saldo yang dimiliki
    • Mendapatkan ATM BRI Syariah yang memudahkan menarik uang
    • Tidak ada biaya administrasi untuk pembuatan buku dan ATM
    • Saldo awal minimal Rp.100.000, selanjutnya nabung minimal Rp 50.000
    • Penarikan uang bisa melalui jaringan ATM Bersama tanpa dikenakan biaya administrasi alias gratis
    • Bisa transfer antar Bank BRI Syarian dan BRI
    • Bisa nabung melalui Bank BRI Konvensional melalui sistem transfer
    • Bisa transfer ke Bank lain, tapi biayanya administrasinya lumayan gede (10ribu atau 15ribu) gitu
    • Tidak ada fasilitas SMS Banking atau Internet Banking
    Untuk lebih jelasnya mengenai Bank BRI Syariah,, bisa diklik disini

    #Bank BNI Syariah
    Ada dua jenis tabungan di BNI Syariah,, yaitu Tabungan IB Plus dan Tabungan Wadiah.. bedanya kalau Tabungan IB Plus dikenakan biaya administrasi bulanan sebesar RP 5000 dan mendapatkan bagi hasil setiap bulan yang kompetitif. Bila saldo kita di atas 2.500.000, administrasi bakal ketutup sama bagi hasil.. kalau Tabungan Wadiah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan juga tidak mendapatkan bagi hasil alias tabungannya ga bakalan nambah ataupun ngurangin... hehe...
    Tapi fasilitas dan ketentuan yang lainnya sama aja..
    Beberapa fasilitas dan ketentuannya adalah :
    • Mendapatkan BNI Syariah Card yang dapat digunakan sebagai BNI Phone plus dan ATM
    • Bisa dijadikan kartu debit untuk berbelanja di mastercard seluruh dunia
    • SMS Banking
    • Internet Banking (tapi tadi lagi maintanance katanya)
    • Bisa tarik dan setor uang di seluruh cabang Bank BNI Syariah dan BNI konvensional (tinggal nabung aja pake buku tabungannya langsung)
    • Tarik tunai di seluruh jaringan ATM BNI (gratis)
    • Tarik tunai di seluruh jaringan ATM Bersama dan Prima (berbayar).. 5000 kalo ga salah
    • Penarikan maksimal 5juta perhari
    • Dikenakan biaya administrasi pada saat awal menabung untuk pembayaran buku tabungan Rp 5000 dan pembuatan ATM Rp 6000, jadi totalnya 11.000
    • Saldo awal minimal Rp 100.000
    • Saldo mengendap minimal Rp 100.000
    Keterangan lebih lanjut mengenai Bank BNI Syariah, bisa klik disini

    #Bank Syariah Mandiri
    • Mendapatkan bagi hasil setiap bulan tergantung jumlah saldo yang dimiliki
    • Mendapatkan BSM Card yang dapat digunakan sebagai kartu ATM dan debit
    • Setoran awal minimal Rp 80.000, selanjutnya Rp.10.000
    • Dikenakan biaya administrasi bulanan Rp 6000/bulan
    • Saldo mengendap minimun Rp 50.000
    • Fasilitas e-Banking
    Saya belum pernah pake layanan BSM sih,, untuk lebih lengkapnya coba liat disini

    #Shar-E
    • Tanpa biaya administrasi bulanan *untuk saldo diatas Rp 100.00, kalau di bawah itu akan kena biaya administrasi Rp 1000 (cukup terjangkau jugaa)
    • Jaringan luas, menggunakan ATM Bersama dan Prima (Gratis untuk penggunaan transaksi tunai)
    • Bisa menabung di seluruh Kantor Pos Indonesia yang ada logo jaringan Shar-e
    • Bisa tarik tunai di Malaysia
    • Fasilitas SMS Banking (cek saldo aja)
    • Bisa kirim uang antar Bank yang tergabung di jaringan Prima dan Bersama
    • Tidak ada Internet Banking
    • Dikenakan biaya non tunai di jaringan ATM Bersama dan Prima
    Wah,, perlu dicoba juga ni kayaknya,, :D
    Info tentang Sha-re lengkap bisa dilihat disini

    Segitu dulu deh infoemasi tentang Bank Syariahnya..
    kalo ada info lagi,, saya terbitkan di postingan berikutnya,,hehe..

    Dipilih...dipilih...dipilih..
    Bank mana yang mau kalian pilih...
    Continue Reading...

    Tuesday, 21 September 2010

    Lebaran #2

    Setelah Dari Hari H..
    H+1...
    H+2...
    Sampai H+6..
    Hanya diam di rumah.. Sekali doank ke Ciparay..

    Akhirnya H+7 pun katanya kita semua akan ke Cikajang, Garut.. Katanya ada acara halal bihalal keluarga besar Abah Yunu (Kakeknya c papah),,berarti saya adalah buyut beliau.. Yeahhhh...!!Seneng banget deh.. Sebenernya udah lama banget pengen kesana.. Udah bertaun-taun ga ke Cikajang..Mungkin lebih dari 5 taun... Kangeen banget kesana..

    Asik asik,, dan Si Kuya pun hari itu sudah ada di Bandung.. Asik..
    Saya sempatkan sebelum pergi ke Garut untuk menemui Kura-kura.. Kangennya..

    Asik asik lagi,, soalnya saat itu saya makan gepuk yang dia bikin.. (yang resepnya nanyain sama sang mamah aku).. :D



    Mari makaaaaan....
    Hm.. enak juga gepuknya..Ntar masakin lagi yah.. Heu..
    Jago juga hey masaknya.. :D
    *terbalik* harusnya saya yang masakin..




    Seneng..seneng..seneng..
    Tibalah siang hari..dan waktunya saya pulang dan bersiap-siap untuk pergi ke Cikajang..
    Yeah.. Garut.. Im coming.. :D

    Rencana pergi c jam 2 atau jam 3an.. karena jam 3 saya sudah sampe ke rumah saudara saya yang ada di Riung Bandung..
    Sambil menunggu, ya sudah kita bernarsis narsisan dulu sajah dan makan baso dulu,, haha..
    Berfoto-foto keluarga di rumah wa saya..hehe..


    yang tengah itu papah saya dan yang pinggir sebelah kiri adalah adik saya,, Ervan.. dan yang sebelah kanan dan paling cantik *tentu* sudah pasti adalah saya #pede overdosis

    Nah,, kalo yang ini bersama sang mamah dan sang adik..*bukan sang bango yah..hahaha*


    Eh,, ternyata kita baru pergi magriban..
    Tidak apa-apa,, yang penting saya jadi pergi ke Garut.. Hehe..

    Sebelum ke Cikajang,, kita sekeluarga juga ke rumah wa saya juga,, (kakaknya papah) yang sedang sakit saat itu.. Sedihnya.. saya baru bisa menengok sekarang.. Mudah2an beliau cepat sembuh.. Amiiin Ya Allah,, Allohuma Amiin..

    Sampai di Cikajang kira-kira jam 10.an..
    Brrr... Dingin banget dah..
    Mengobrol,, kangen-kangenan,, dan bercanda ria..dan juga ditanya-tanya.. Kaget saya,, ternyata saudara-saudara saya pada membawa "sang pacar" kesana.. Alhasil,, saya jadi ditanya-tanya mulu.. kemana gerangan "sang pacar" saya,, dan saya hanya bisa "nyengir" saja menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut..
    Sudah mulai cape,, akhirnya saya istirahat di rumah Yoan.. Menanti besok,, katanya ada acara halal bihalal..

    #Besoknya
    Pagiiiiiii.....
    Pagi-pagi ku telah bangun.. Lalu sholat subuh,, dan sebenarnya malas mandi (karena airnya dinggiiiiinnn amir).. Tapi sebagai anak rajin,, mandilah saya pagi-pagi *sekitaran jam 8* dengan air dingin,, bukan air anget loh.. jagoan kan saya..hahaha...


    Para ibu-ibu narcis nih yee...
    Keterangannya ada di gambar..
    :D








    #Waktu Acara Halal Bihalal
    Acaranya cukup Seru..ada panggungnya segala..
    Dari awal pembukaan,, ceramah,, salam-salaman,, hingga acara hiburan..


    Inih panggungnya..

    Tidak sempat berfoto-foto banyak,, karena keterbatasan saya,,hehe..
    Hanya ini saja yang dapat diambil..
















    Ini foto saya bersama Yoan dan Puji..
    Bagus buat pengganti Tiga Diva,, karena mereka sudah tidak ada lagi.. digantikan oleh kami..
    Tunggu albumnya ya.. hahaha.. #mengkhayal

    Wah,,senangnya hari itu..
    Dan kita pun pulang pukul setengah enam.. Magriban.. Dan rencananya akan ke Cipanas, ke Sabda Alam.. Horeee...!!!(saya belum pernah kesana).. Ssssttt,,, jangan bilang-bilang..
    Tapi tiudak semua ikut..
    Hanya keluarga saya dan keluarga wa Meman yang di Riung Bandung saja yang ikut...

    #Waktu di Sabda Alam..
    Senang...
    Berendam air anget bersama keluarga...
    Namun,, tidak sempat foto-foto,, karena keasyikan berendam,, dan hari itu sudah malam..

    Saatnya pulang,, dan membeli sedikit oleh-oleh..

    Thats All... Hanya satu kata saja saat itu.. SENANG..

    Waktunya tidur,,sudah malam..


    *The End*
    Continue Reading...

    Sejarah Nusantara: Penentuan Waktu Mesir Kuno

    Continue Reading...

    Lebaran #1

    Lebaran kali ini..
    Tidak ada yang spesial..
    Selalu di rumah,,karena kebetulan adik saya sedang sakit..dan saya juga mengalami gejala-gejala flu yang membandel.. *hufft..lebaran ko sakit..?? :(*
    Hanya berlebaran di rumah dan bermaaf-maafan dengan tetangga saja..

    H+1 masih tidak kemana-mana.. Masih saja diam di rumah..
    Beraktifitas seperti orang yang sedang liburan pada umumnya *makan,, tidur,, ngoprek hp,, ngoprek fb,,koprol,,blog (meski hanya dilihat belum posting apa-apa) akibat penyakit "malass",,dan sebagainya*

    H+2 juga masih tidak kemana-manaa..
    Tapii,, saudara-saudara dari Ciparay rencananya akan datang hari itu..
    Dan saya tidak sabar menunggu mereka.. Asik,,rumah bakal penuh dan ramai oleh kedatangan mereka..
    Akhirnya,,,pada dateng juga nih para saudara-saudara tercintaku dari Ciparay..
    Senangnyah.. Akhirnya hari lebaran ini pun tidak berasa sia-sia karena belum pergi kemana-mana..
    Ponakan-ponakanky pada dateng,,meskipun ga semua.. :(
    tapi tidak apa-apa,,yang penting saya senang dan bahagia,, rumah saya dikunjungi saat itu.. Meskipun "pasedek-sedek" karena memang rumah saya tidak terlalu besar (dibaca: mungil) untuk menampung banyak orang,, terasa agak sesak.. #mohon dimaklum..

    Ini di ponakan-ponakan saya yang "narcis" dan terfoto oleh saya,,hehe..


    Ini adalah dua keponakan saya.. abang dan neng indah.. anak-anaknya paman dan bibi saya (alias adiknya c mamah)..hehe..

    Entah kenapa ingin disebut abang..padahal dia belum punya adik..

    Waduh,,,foto yang ini benar-benar narcis dan banyak gaya.. tidak seperti tantenya pasti..yang kalem,,cool dan confident #sedikit fitnah.. hehe..
    Bagus,,Kembangkan,,biar jadi potomodel terkenal..

    Senangnyah.. Sampai saatnya siang menjelang sore dan semuanya sudah pamit untuk pulang..karena kalau kesorean khawatir hujan katanya..
    Akhirnya,, sepi lagi deh suasana rumah.. Si Kuya lagi mudik lagi..sepi deh..

    H+3..
    Tepatnya Hari Senin (kalo saya ga salah)..
    Dan saya harus mengerjakan tugas piket di sekolah.. Agak aneh memang,, orang lain libur,, saya piket..
    hmm..
    Tak apa,, tuntutan tugas..
    memang harus seperti itu..
    Jam 12 siang pun saya pulang kembali ke rumah.. Alhamdulillah,, waktu saya pulang belum hujan,, ketika saya sampai rumah barulah sang hujan itu datang dengan derasnya..
    Alangkah kagetnya,, karena ketika sampe di rumah,, saudara-saudara saya (lagi-lagi adiknya mamah yang lain) datang dari Bekasi..

    Hwaaa,,, asik asik.. kedatangan saudara lagi.. Dan semuanya lagi pada siap-siap mau pergi ke Ciparay.. Dan saya pun langsung ikut,, tentu saja tanpa berdandan terlebih dahulu (karena baru saja pulang dari sekolah),, dan tidak ada persiapan apapun.. Langsung cabuuutt...
    ampailah di Ciparay,, dan saya bertemu dengan saudara-saudara saya yang lain.. Sekaligus nyekar ke makan apa dan enin saya.. *sedih..jadi kangen lagiii*

    Lalu kembali ke rumah..
    Sebelum kembali ke rumah,, kita makan dulu di Mie ayam Rencong..
    Mie ayam yang paling enak di kota Bandung.. eh,, Kab Bandung mungkin..se Bandung Raya lah..Recomended Place..!!
    Saya dan Gita (anaknya Bibi saya yang di Bekasi)..ketika di Mie Ayam rencong..hehe..
    Mirip ga? Banyak yang bilang "seperti orang India"#capedeh..hehe..




    Kalo yang di sebelah kanan itu saya,, Gita bersama adiknya (Iyank)..hehe..









    Huuufttt..Capenyah hari itu.. Tapi menyenangkan...


    Tetapi,, besoknya pun saudara saya sudah kembali
    pulang lagi ke Bekasi..Hikz...
    Bye.. See u... (setaun sekali)...


    Lagi-lagi rumah saya sepi..

    H+4
    Masih di rumah
    H+5
    Juga masih di rumah
    H+6
    Dan masih di rumah sajah,, tidak kemana.. Autis dengan diri sendiri.. Si Kuya pun belum pulang dari mudiknya di Sukabumi nun jauh disana.....


    Cepatlah pulaaaaaang... *kaya lagu Marcell*
    Continue Reading...

    Sunday, 29 August 2010

    Pahami Personality Anda

    Subhanallah..

    Alhamdulillah..

    Hari ini saya mendapatkan ilmu yang baru kembali..

    'Personality power' yang tadi saya ikuti cukup menambah pengatahuan saya mengenai macam-macam kepribadian individu..
    Terima kasih Life University,, Terimakasih Trainer Ibu Arum S. Rahayu, C.Ht and also Bpk. Helmi Andrian,, pakar mind power di Indonesia.. and also orang-orang yang telah mengajak saya untuk mengikuti kegiatan tersebut..

    Sebenarnya,, kata 'personality' sudah tidak asing lagi bagi saya, karena kajian itu sempat saya pelajari di bangku kuliah saya.
    Yang saya tahu personality itu kepribadian, seseorang itu mempunyai kepribadian tertentu. Kepribadian itu adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas. Saya inget banget waktu kuliah pertama dengan dosen yang menurut anak2 'galak' bilang bahwa kepribadian itu tidak ada yang baik dan yang buruk..yang ada adalah kepribadian positif dan negatif (bener gitu yaaa...asa lupa lupa inget sayah),,hahaha.. dasar pelupa..
    Meskipun istilah 'personality' sudah akrab di telinga saya,, namun saya hanya mengenal saja,,
    Ya,, saya mengenal apa itu personality dan saya tahu beberapa jenis personality manusia,, yang saya inget waktu kuliah adalah kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis.. Ya,, saya inget semua itu, namun,, saya hanya mengenal itu tetapi belum memahami secara detil mengenai apa itu personality dan apa saja macam-macam kepribadian itu yang jika ditelusuri ternyata sangat banyak hal yang kita dapat manfaatnya jika kita bisa memahami berbagai karakter manusia.
    Menurut Arum S. Rahayu, setiap manusia itu mempunyai watak, dan watak itu adalah diri saya sesungguhnya, yang artinya watak adalah bahan dasar saya.
    Sedangkan kepribadiian adalah pakaian yang kita kenakan.

    Alhamdulillah, dalam acara workshop itu saya jadi lebih memahami berbaggai kepribadian manusia.
    Menurut Sigmund Freud, diri manusia dalam mebentuk kepribadiannya terdiri atas tiga komponen utama, yaitu yang dikenal dengan id, ego dan superego.
    Id itu dapat diartikan sebagai nafsu atau dorongan-dorongan kenikmatan yang
    harus dipuaskan, ini bersifat alamiah pada manusia. Ego diartikan sebagai
    kemampuan otak atau akal yang membimbing manusia untuk mencari jalan keluar
    terhadap masalah melalui penalarannya. Nah, Super Ego betugas sebagai norma,
    aturan, agama, norma sosial. Jadi, perilaku manusia ditentukan oleh komponen-komponen tersebut. (tapi untuk kali ini ga dulu bahas tentang Sigmund Freud yaaaa... :D).

    Hmm..Oke, sekarang kita tinggalkan dulu Sigmund Freud, yang akan lebih dibahas disini adalah kepribadian menurut Socrates.

    Menurut Socrates, kepribadian manusia itu terbagi atas 4 macam.. yaitu Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Phlegmatis.
    Untuk lebih simpelnya, kita kelompokkan saja berdasarkan hasrat dasarnya.
    1. Sanguinis
    Hasrat dasar : Bersenang-senang
    Prinsip hidup : Mari kita lakukan denagn cara menyenangkan
    2. Koleris
    Hasrat dasar : Mengendalikan
    Prinsip hidup : Mari kita lakukan dengan cara saya dan sekarang juga
    3. Melankolis
    Hasrat dasar : Kesempurnaan
    Prinsip hidup : Mari kita lakukan dengan cara yang benar
    4. Phlegmatis
    Hasrat dasar : Kedamaian
    Prinsip hidup : Mari kita lakukan dengan cara yang sederhana

    Hasrat dasar dari setiap kepribadian idealnya dipenuhi oleh setiap orang. hasrat dasar yang tidaik terpenuhi biasanya akan membuat individu menjadi tidak bahagia dan bahkan menjadi stress.
    Dengan melihat hasrat dasarnya, sudah terbayang bagi kita mengenai bagaimana ciri-ciri individu yang mempunyai keempat kepribadian tersebut.
    Hayoo,, bisa bayangkan ga..?? bisa menyebutkan ga..??

    Ok,, kita bahas sedikit yuk ciri-cirinya..
    Umumnya ciri-ciri keempat kepribadian tersebut begini..

    1. Orang Sanguinis.
    Orang sanguinis mempunyai hasrat dasar bersenang-senang..
    Hmm,, kira-kira apa yaaaaa ciri-cirinya...???
    Biasanya ni,, orang-orang yang berkepribadian Sanguinis bersifat adalah :
    a. Menarik / memukau
    b. Menghidupkan suasana (ekspresif)
    c. Jago panggung
    d. Lugu (polos)
    e. Tampak menyenangkan
    Nah, ciri-ciri individu yang berkepribadian Sanguinis biasanya tampak pada keempat sifat tersebut. Orang sanguinis biasanya pandai menyenangkan orang lain, charming, supel, selalu ingin tampil (bahasa kerennya banci tampil atau narcis), ingin menjadi pusat perhatian orang dan pandai menghidupkan suasana. karena hasrat dasarnya adalah bersenang-senang, orang-orang sanguinis cenderung sangat menikmati liburan, jalan-jalan, shoping dan menghabiskan waktu di tempat-tempat yang ramai dan menarik.
    Namun, biasanya orang-orang sanguinis mempunyai sifat pelupa, plin plan, cenderung banyak bicara, kekanak-kanakan, susah mengingat nama, kadang mengulang-ulang cerita yang pernah dia ceritakan dan tidak disiplin.. (hihihi,, beberapa ciri-ciri tersebut ada di saya,,hahaha...). Mereka tidak menyukai hal-hal yang flat, kurang menyukai rutinitas yang itu-itu saja dan seringkali menginginkan refreshing.

    2. Orang Koleris
    Orang koleris mempunyai hasrat dasar mengendalikan..
    Mendengar kata mengendalikan, apa yang terlintas dalam pikiran kalian..??
    ******* menunggu jawaban kalian ***********
    Ya, mengendalikan identik dengan kepemimpinan. Orang-orang yang berkepribadian koleris cenderung selalu mempunyai hasrat undtuk mendominasi, memimpin dan mengendalikan.
    beberapa ciri-cirinya adalah sebagai berikut.
    a. Pemimpin mandiri
    b. Berkemauan kuat dan tegas
    c. Memerlukan perubahan
    d. Selalu benar

    3. Orang Melankolis
    Orang melankolis mempunayi yang mempunyai hasrat dasar kesempurnaan,, selalu ingin segalanya tampak perfek.. orang yang berkepribadian Melankolis ini tidak suka kalo di mana-mana semuanya berantakan,,harus rapih...
    Dan orang melankolis ini sensitive sekali perasaannya..
    Ciri-ciri lainnya kaya gini ni....
    a. Analitis
    b. Penuh pemikiran standar tinggi
    c. Menyukai daftar (Grafik)
    d. Tertib dan terorganisasi
    e. Teratur (Rapi)
    f. Perfeksionis

    4. Orang Phlegmatis
    Ini dia kepribadian yang terakhir,, yaitu orang-orang yang berkepribadian Plhegmatis..
    Orang-orang tipe ini senang dengan kedamaian,,santai...simpel,,ga suka yang ribet-ribet.. Mereka juga tidak terlalu menyukai tantangan yang berat-berat.. Dia hidup mengikuti arus,, kesini hayu,,,kesana hayu...Bisa dibilang followers sejati ga ya..?? hehehe...
    Tapi,, orang-orang yang berkepribadian Phlegmatis sangat disukai orang karena dapat menjadi seorang pendengar yang baik,, mempunyai sikap empati..
    Ciri-ciri lainnya sebagai berikut.
    a. Rendah hati
    b. Sabar dan tenang
    c. Santai
    d. Banyak teman
    e. Pendengar yang baik
    f. Mudah bergaul

    Nah,,sekilas doank sih tentang 'Personality'..

    Hayooo,,,kira-kira kalian masuk tipe kepribadian yang mana yaaaa.....????


    e9a_juv3holick@yahoo.com

    http://id.88db.com/Beauty-Salon-Clinic/Beauty-Products/ad-483776/en/
    Continue Reading...

    Saturday, 28 August 2010

    Indahnya Bersyukur..

    Syukur..
    Bersyukur..
    Kata-kata itu tidak asing lagi bagi kita.. Seringkali kita mendengarnya dan telinga kita sangat familiar dengan kata 'syukur' tersebut.
    Namun,, seringkali pula kita tidak 'ngeh' mengenai apa sebenarnya makna bersyukur..
    Kadang, berbagai pertanyaan terbesit di hati saya..
    Apa itu bersyukur..??
    Sudahkah kamu bersyukur..??
    Apa yang sudah kamu syukuri..??

    Mungkin pertanyaan seperti itu tidak selalu sering ada di benak saya dan kadang mungkin terlupakan, sampai suatu ketika saya (yang memang sebagai seorang guru BK) memberikan bimbingan pribadi kepada siswa-siswi tercinta saya yang bertemakan "Bersyukur Kepada Allah"..
    Tergerak dan terhenyak hati saya.. Tersadarkan bahwa ternyata selama ini saya belum bisa menjadi orang yang selalu syukur nikmat atas rahmat yang telah Allah berikan kepada saya..
    Seringkali saya masih 'komplain' terhadap keadaan diri saya.. Masih suka protes dengan keadaan diri saya dan melihat ke atas,, memandang orang lain lebih baik keadaannya dibanding saya..

    Padahal banyak sekali kalam Allah yang mengharuskan kita untuk bersyukur..

    "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. Quran Surah. Al baqarah:152)

    "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (Quran Surah. Luqman:14)

    "...... Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji". (Quran Surah. Luqman:12)

    Subhanallah,, begitu sangat dianjurkannya kita untuk bersyukur..
    itu mungkin baru sebagian aja ayat-ayat Allah SWT yang menganjurkan kita sebagai umatNya untuk selalu bersyukur..

    Saya selalu suka kata-kata ini :

    Ketika Aku minta pada Allah setangkai bunga yang segar..Ia beri Aku kaktus Berduri..
    Ketika Aku meminta binatang mungil yang cantik, Ia berikan Aku ulat berbulu..
    Saat itu Aku merasa sedih, kecewa dan ingin rasanya menjerit protes..
    Kupikir “Betapa Sangat Tidak Adilnya Engkau ya Allah…”

    Dan ulat berbulu itupun berubah menjadi kupu-kupu yang cantik,
    Bahkan teramat Sangat Cantik..

    Itulah jalan Allah, Selalu indah pada waktunya..
    Dia mungkin tidak memberi apa yang kita harapkan atau kita minta, tapi Ia memberi apa yang kita perlukan..
    Dia mungkin tidak memberi apa yang kita harapkan atau kita minta, tapi Ia memberi apa yang kita perlukan..


    Yaaaa,,, inilah kenyataannya..
    Memang, seringkali begitulah keadaannya..
    Ketika kita meminta A.. Allah memberikan kita B..
    Dan saat itu kita merasa kecewa,, tidak banyak yang frustasi..sehingga nyaris melakukan apapun untuk memperolehnya..terkadang sampai bunuh diri bila kecewa keinginan atau harapannya tidak terpenuhi.. Astagfirullah.. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi.

    Let's think..

    Maka nikmat Tuhan manakah yang Engkau dustakan…???

    e9a_juv3holick@yahoo.com
    Continue Reading...
     

    KuraKura_Cantik'z House Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon