Saturday 25 June 2011

Jerawat.. Jerawat,, Jerawaaaattt..!!

Aduuuh,, lagi kesel banget nih sama yang namanya jerawat..
Hey, kaliaaaan,,pernah ga jerawataaann..?? Pasti muaknya kaya gini niiih...


Iseng-iseng deh googling tentang jerawat..Katanya begini..

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebabnya adalah perubahanhormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasikehamilan, pemakaian pil KB, dan stres


Penyebab Jerawat Muncul

* Produksi Minyak Berlebihan

Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri

* Sel-Sel Kulit Mati

Umumnya, jerawat dsebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

* Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen

* Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

* Obat-obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Katanya, untuk mencegahnya gini nih tips-tipsnya..
1. Mencuci wajah 2 kali sehari
Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
2. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda
Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda..jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.
3. sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.
secara alami wajah kita akan menmproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.
4. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.
5. Minum air putih
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.
6. gunakan pelembab kulit
Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak..sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.
7. selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.
Selalu cuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.
8. Sering-seringlah makan sayur dan buah.
sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.
9. Tidur yang cukup dan teratur.
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

Kalo jerawat yang saya karena apa ya munculnya..
Haduuuh, HILANG donk kau CEPAAAT...
Sumber : 
id.wikipedia.org/wiki/Jerawat 
Continue Reading...

Sunday 12 June 2011

Award,, Award....



Haduuuuuhhhh,,,lama nian saya ga ambil-ambil award iniii....

Bukan berarti sombong hey, bukan berarti angkuh atau congkak atau....haaaalaaahhh lebay
Dan ini adalah award yang diberikan Cicicruicriet kepada saya tepat 4 bulan yang lalu dengan tanggal yang sama..11 Februari 2011..
Ya ampun,,klo award bisa ngomong,,pasti Hapeuk pisan katanya baru diterima 4 bulan kemudian,,hehe..
Tadinya dari dulu saya mau ambil, tapi saya gatau caranya.. *sepertibiasagaptek
Makasih ya Cicitcuitcriet udah ngasih award kepada saya..Kapan ngobrol-ngobrol lagi.. Saya jarang ol,,lagi sok sibuk,,hhe..

Dan Awardnya adalaaaaahhhhh

1. 8 things about Ega Wiwit Fitriani
# Saya adalah putri cantik yang dilahirkan di Bandung dan menjadi anak pertama dari dua bersaudara.
# Saya orang yang kata orang workaholic.. hahaha...tapi menurut saya mah ga, tapi kalo ada kesempatan dan kita bisa untuk melakukannya, kenapa ga diambil,,ya kaaan...?meskipun butuh pengorbanan.. "Hidup tiada mungkin, tanpa perjuangan, tanpa pengorbanan, mulia adanya"
# Paling ga suka sama seledri.. Baunya itu lhooooo...ga enak... Saya juga ga suka pisang atau pepaya.. beyek-benyek gimanaaaaa gitu.
# Like sing much song very much..Jenis musik aapun saya suka dengerin.. But Kahitna and Project Pop is still numb 1 for me.. Like it Like it..
# Penggila pedas sejati. Si burung merak ceumah.. Karena saya suka banget sama makanan atau cemilan yang pedas-pedas,,, Seeeuuuhaaahhh...
# Ini yang paling saya sebel..Saya orang yang PELUPA akut abis..Kalo temen-temen saya udah ga aneh kalo saya suka ketinggalan sesuatu di kosan atau rumah hahaha,,udah biasa.. Tapi alhamdulillah ga sampe lupa nama sendiri,,hhe..
# Gampang tidur kalo udah nempel di kasur,,haha....
# Suka kura-kura

2. Award ini saya berikan lagi kepadaaa...
# Penghuni 60 
# Arviana Shela 
# L'Abid d'Andalucia 
# Andhira 
# Unii Uniietha 


Eh eh,,ternyata saya dapet award lagi dari Cicitcuicriet



One lovely Blog Award..
Hhe,,thank you dan mudah-mudahan Blog saya emang Lovely Blog,,
Tapi, saya bingung mau mebagi-bagikan sama siapa...jadi saya pending dulu aja bagi-bagiinnya ya,,,
Continue Reading...

3 Bulan Pertama

Cie..nulis blog dengan wajah blog yang baru..
Asa segerrrr..Hhe..
Semangat baru lagi..dan kembali mengumpulkan mood untuk menulis lagi..Hmm..template baru nampaknya berhasil memotivasi saya untuk mengumpulkan "mood" menulis saya yang entah sudah berapa lama menghilang ditelan zaman..ahaha..lebay..

Haha,,judul yang dipasang 3 bulan pertama..
Apa yang ada di benak kalian sodara-sodara..??
Telat 3 bulan..??waduh,,,bahaya..
3 bulan pertama hidup baru..?hmmm...yaaa,,,itu sih resolusi terakhir saya tahun 2010,,tapi belum terwujud,,hehe..
Bukan..bukan hidup baru yang artinya menempuh hidup baru dalam mahligai pernikahan ya..ahaha...#asa gaya-gaya infotainment gini..

BUKAN,,BUKAN itu 3 bulan pertama saya saat ini..

Tapi,,3 bulan yang pertama saat ini bagi saya adalah 3 bulan pertama bekerja di tempat kerja baru...sama-sama dalam dunia pendidikan, tapi berbeda ranahnya dengan pekerjaan saya di tempat kerja yang sebelumnya..tapi sama-sama di bidang pendidikan..
Di SMA,,saya adalah seorang guru BK..Yang 'BUKAN' mengajar mata pelajaran eksak maupun sosial. Namun sesosok guru yang harus memahami siswa, memperhatikan dan memahami kebutuhan siswa, memperhatikan dan membantu siswa-siswa yang membutuhkan bantuan..

Di tempat kerja yang baru (masih dalam ranah pendidikan) tetapi bukan pendidikan formal,, saya adalah seorang guru kelas yang dituntut untuk mengajar semua mata pelajaran, kecuali bahasa inggris dan sunda. Mata pelajaran yang saya ajarkan adalah eksak dan juga sosial.
Damn,,saya paling tidak bisa soal-soal IPS..Tapi, mau tak mau atau suka tidak suka saya HARUS menguasai materi-materi dan mengajarkannya kepada siswa-siswa saya.

#1 Bulan Pertama
Masa-masa ini yang saya sebut sebagai masa-masa tersulit ketika saya mulai bekerja disini..
Selama satu atau dua minggu pertama banyak sekali kegiatan pelatihan yang saya ikuti,,dan kebanyakan pagi semua.. sehingga saya harus mengorbankan dengan meminta izin di SMA..karna seringnya saya izin,,ada juga omongan-omongan yang 'kurang enak' didengar dari beberapa guru di sekolah..Ya,,saya sih sempet ga enak,,tapi ya,,disikapi dengan santai aja deh,,mencoba calm down dan bersikap tenang..
Pertama kali saya mengajar SD,, banyak pengalaman yang saya dapet,,dari murid-muridnya sampe materinya..Susah diungkapkan dengan kata-kata..
Inget banget entah tanggal berapa,,,tapi saya inget itu bulan Februari hari selasa.. Paginya saya di SMA,,masuk 4 kelas,, siangnya saya ngajar SD sampe sore dan saya inget banget ada murid saya yang  berkata.. "ibu udah lulus belum sih..??" gara-gara saya salah menghitung.. Damn,,saya sempet down waktu itu..
Ingin rasanya menjerit saat itu.. Dalam keadaan "sangat cape" ditambah dengan perkataan itu..saya inget,,saya pun pulangnya nangis, ketika makan bareng sama "Si Kuya". keluh kesah semua saya tumpahkan sama "Si Kuya" sambil nangis tersedu-sedu..halah lebay lagi.. Makasih ya Kuyaaa... :-*.. Karna sangking cape dan keselnya, saya pun menghabiskan dua porsi makanan,,haha.. Itu bukan karena cape saya pikir,,karena sangat lapar,, :-D
Sebulan pertama benar-benar terasa berat,,karena saya benar-benar dituntut untuk bisa membagi waktu dan mempelajari materi yang akan diajarkan ke siswa di dua tempat yang berbeda,,dengan materi yang sangat-sangat berbeda..
Pergi jam setengah tujuh pagi,,pulang jam tujuh malem..terkadang juga jam sembilan malem,,kalo sedang ada mengajar privat sehabis magrib..
Semua harus saya jalankan dan TANPA Mengeluh..


#Dua Bulan Pertama
Dua bulan pertama pun masih saya bilang sebagai masa-masa sulit..
Saya masih dihantui rasa takut dan rasa lelah yang sangat luar biasaa.. karena harus membagi waktu antara mengajar di SMA, SMK dan bimbel..Takut tidak diterima oleh murid-murid saya di bimbel, takut bagaimana untuk bilang kepada pihak sekolah mengenai pembagian waktu saya yang kadang mengorbankan waktu ngajar saya disana..
Benar-benar terasa berat..
Namun, perkenalan dengan siswa-siswa saya di bimbel dan pendekatannya sudah mulai membaik.
Hal-ha yang saya anggap buruk pada saat awal-awal masuk kesana sudah mulai memudar,,tapi belum 10% menghilang..Ya, saa tau ini BERPROSES.
Saya mulai merasa enjoy dengan tempat kerja saya yang baru.. Hey,, its feel like home..
Saya mulai merasa betah dan enjoy sama suasananya,,meskipun masih ada beberapa anak yang "menjengkelkan" terkadang.. Tapi itu semua mulai bisa tertutupi oleh perasaan nyaman.
Hmm.. Perjuangan masih terasa berat, karena anak-anak kelas 6 SD sebentar llagi ujian dan di SMA juga kelas XII sudah mau menghadapi UN,,
Saya juga sedikit merasa kerepotan untuk mencari tahu informasi mengenai SNMPTN beserta sistem penerimaan barunya dan informasi mengenai perguruan tinggi yang harus banyak2 searching di internet maupun ke perguruan tinggi yang bersangkutan..
Very very double job I Think..
Dan bulan ini adalah bulan dimana Si Kuya wisuda..
Hduh,,very very riweuh..

#Tiga Bulan Pertama
 Tiga bulan pertama.. Yeah,,akhirnya datang sudah masa tiga bulan, masa-masa terakhir OJT,,
bulan ketiga ini saya sudah mulai terbiasa dengan anak-anak yang banyak diantaranya "luar biasa", luar biasa sifatnya dan kecerdasanya,,hhe..
Saya sudah mulai faham mengenai sifat dan karakter murid-murid saya.
Semua sudah mulai berjalan dengan semestinya.
Meskipun saya masih suka keteteran dalam memanajemen waktu antara sekolah dan bimbingan belajar, karena bulan ini masih bulan sibuk-sibuknya pemenerimaan SNMPTN dan lain-lainnya.
Tapi alhamdulillah, semuanya bisa berjalan dengan lancar. Meskipun ada yang mengkritik pekerjaan saya di sekolah, dan mengatakan hal-hal yang sedikit pedas..Tapi, saya harus tetap optimis dan bersemangat bahwa saya pasti bisa untuk melakukan semuanya dengan lancar.


Huuftt,,enak ga enak c kalo kita punya "selingkuhan" pekerjaan, tapi nikmatin aja..hhe..
Continue Reading...
 

KuraKura_Cantik'z House Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon