Sunday 12 June 2011

3 Bulan Pertama

Cie..nulis blog dengan wajah blog yang baru..
Asa segerrrr..Hhe..
Semangat baru lagi..dan kembali mengumpulkan mood untuk menulis lagi..Hmm..template baru nampaknya berhasil memotivasi saya untuk mengumpulkan "mood" menulis saya yang entah sudah berapa lama menghilang ditelan zaman..ahaha..lebay..

Haha,,judul yang dipasang 3 bulan pertama..
Apa yang ada di benak kalian sodara-sodara..??
Telat 3 bulan..??waduh,,,bahaya..
3 bulan pertama hidup baru..?hmmm...yaaa,,,itu sih resolusi terakhir saya tahun 2010,,tapi belum terwujud,,hehe..
Bukan..bukan hidup baru yang artinya menempuh hidup baru dalam mahligai pernikahan ya..ahaha...#asa gaya-gaya infotainment gini..

BUKAN,,BUKAN itu 3 bulan pertama saya saat ini..

Tapi,,3 bulan yang pertama saat ini bagi saya adalah 3 bulan pertama bekerja di tempat kerja baru...sama-sama dalam dunia pendidikan, tapi berbeda ranahnya dengan pekerjaan saya di tempat kerja yang sebelumnya..tapi sama-sama di bidang pendidikan..
Di SMA,,saya adalah seorang guru BK..Yang 'BUKAN' mengajar mata pelajaran eksak maupun sosial. Namun sesosok guru yang harus memahami siswa, memperhatikan dan memahami kebutuhan siswa, memperhatikan dan membantu siswa-siswa yang membutuhkan bantuan..

Di tempat kerja yang baru (masih dalam ranah pendidikan) tetapi bukan pendidikan formal,, saya adalah seorang guru kelas yang dituntut untuk mengajar semua mata pelajaran, kecuali bahasa inggris dan sunda. Mata pelajaran yang saya ajarkan adalah eksak dan juga sosial.
Damn,,saya paling tidak bisa soal-soal IPS..Tapi, mau tak mau atau suka tidak suka saya HARUS menguasai materi-materi dan mengajarkannya kepada siswa-siswa saya.

#1 Bulan Pertama
Masa-masa ini yang saya sebut sebagai masa-masa tersulit ketika saya mulai bekerja disini..
Selama satu atau dua minggu pertama banyak sekali kegiatan pelatihan yang saya ikuti,,dan kebanyakan pagi semua.. sehingga saya harus mengorbankan dengan meminta izin di SMA..karna seringnya saya izin,,ada juga omongan-omongan yang 'kurang enak' didengar dari beberapa guru di sekolah..Ya,,saya sih sempet ga enak,,tapi ya,,disikapi dengan santai aja deh,,mencoba calm down dan bersikap tenang..
Pertama kali saya mengajar SD,, banyak pengalaman yang saya dapet,,dari murid-muridnya sampe materinya..Susah diungkapkan dengan kata-kata..
Inget banget entah tanggal berapa,,,tapi saya inget itu bulan Februari hari selasa.. Paginya saya di SMA,,masuk 4 kelas,, siangnya saya ngajar SD sampe sore dan saya inget banget ada murid saya yang  berkata.. "ibu udah lulus belum sih..??" gara-gara saya salah menghitung.. Damn,,saya sempet down waktu itu..
Ingin rasanya menjerit saat itu.. Dalam keadaan "sangat cape" ditambah dengan perkataan itu..saya inget,,saya pun pulangnya nangis, ketika makan bareng sama "Si Kuya". keluh kesah semua saya tumpahkan sama "Si Kuya" sambil nangis tersedu-sedu..halah lebay lagi.. Makasih ya Kuyaaa... :-*.. Karna sangking cape dan keselnya, saya pun menghabiskan dua porsi makanan,,haha.. Itu bukan karena cape saya pikir,,karena sangat lapar,, :-D
Sebulan pertama benar-benar terasa berat,,karena saya benar-benar dituntut untuk bisa membagi waktu dan mempelajari materi yang akan diajarkan ke siswa di dua tempat yang berbeda,,dengan materi yang sangat-sangat berbeda..
Pergi jam setengah tujuh pagi,,pulang jam tujuh malem..terkadang juga jam sembilan malem,,kalo sedang ada mengajar privat sehabis magrib..
Semua harus saya jalankan dan TANPA Mengeluh..


#Dua Bulan Pertama
Dua bulan pertama pun masih saya bilang sebagai masa-masa sulit..
Saya masih dihantui rasa takut dan rasa lelah yang sangat luar biasaa.. karena harus membagi waktu antara mengajar di SMA, SMK dan bimbel..Takut tidak diterima oleh murid-murid saya di bimbel, takut bagaimana untuk bilang kepada pihak sekolah mengenai pembagian waktu saya yang kadang mengorbankan waktu ngajar saya disana..
Benar-benar terasa berat..
Namun, perkenalan dengan siswa-siswa saya di bimbel dan pendekatannya sudah mulai membaik.
Hal-ha yang saya anggap buruk pada saat awal-awal masuk kesana sudah mulai memudar,,tapi belum 10% menghilang..Ya, saa tau ini BERPROSES.
Saya mulai merasa enjoy dengan tempat kerja saya yang baru.. Hey,, its feel like home..
Saya mulai merasa betah dan enjoy sama suasananya,,meskipun masih ada beberapa anak yang "menjengkelkan" terkadang.. Tapi itu semua mulai bisa tertutupi oleh perasaan nyaman.
Hmm.. Perjuangan masih terasa berat, karena anak-anak kelas 6 SD sebentar llagi ujian dan di SMA juga kelas XII sudah mau menghadapi UN,,
Saya juga sedikit merasa kerepotan untuk mencari tahu informasi mengenai SNMPTN beserta sistem penerimaan barunya dan informasi mengenai perguruan tinggi yang harus banyak2 searching di internet maupun ke perguruan tinggi yang bersangkutan..
Very very double job I Think..
Dan bulan ini adalah bulan dimana Si Kuya wisuda..
Hduh,,very very riweuh..

#Tiga Bulan Pertama
 Tiga bulan pertama.. Yeah,,akhirnya datang sudah masa tiga bulan, masa-masa terakhir OJT,,
bulan ketiga ini saya sudah mulai terbiasa dengan anak-anak yang banyak diantaranya "luar biasa", luar biasa sifatnya dan kecerdasanya,,hhe..
Saya sudah mulai faham mengenai sifat dan karakter murid-murid saya.
Semua sudah mulai berjalan dengan semestinya.
Meskipun saya masih suka keteteran dalam memanajemen waktu antara sekolah dan bimbingan belajar, karena bulan ini masih bulan sibuk-sibuknya pemenerimaan SNMPTN dan lain-lainnya.
Tapi alhamdulillah, semuanya bisa berjalan dengan lancar. Meskipun ada yang mengkritik pekerjaan saya di sekolah, dan mengatakan hal-hal yang sedikit pedas..Tapi, saya harus tetap optimis dan bersemangat bahwa saya pasti bisa untuk melakukan semuanya dengan lancar.


Huuftt,,enak ga enak c kalo kita punya "selingkuhan" pekerjaan, tapi nikmatin aja..hhe..

0 comments:

Post a Comment

 

KuraKura_Cantik'z House Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon